Sukses

Lifestyle

5 Hal Sederhana untuk Membantu Sahabat yang Putus Cinta

Fimela.com, Jakarta Setidaknya, dirimu pasti memiliki seorang sahabat yang pernah mengalami putus cinta atau patah hati. Semua orang tahu bahwa putus cinta adalah bagian dari hidup, akan tetapi sebagai teman, dririmu pasti tidak akan tega melihat sabahatmu sendiri merasakan perih saat putus cinta. Sehingga, pasti akan timbul naluri untuk membantu mereka agar bisa bangkit dari kondisi yang terpuruk tersebut.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk membantu sahabat saat mereka sedang mengalami putus cinta. Yuk! Langsung saja, simak ulasan berikut ini.

Ingatkanlah Bahwa Mereka Tidak Gagal

Seseorang akan cenderung menganggap bahwa putus cinta sebagai kegagalannya. Jika dirimu berada dalam situasi seperti ini, maka penting terlebih dahulu untuk menenangkan sahabatmu. Ingatkanlah bahwa mereka tidak gagal.

Bantulah mereka untuk tidak mmebuang-buang waktunya untuk meratapi kesedihan dan ajaklah mereka untuk merayakan pelajaran berharga yang didapatkan dari peristiwa ini agar mereka bisa menjadi lebih baik lagi ke depannya. 

Jangan Memojokkan Mereka

Saat menghadapi seseorang yang tengah patah hati, tunjukkanlah rasa empati kepadanya dengan mengakui rasa sakit hati mereka. Jangan lakukan yang sebaliknya, misalnya dengan mengatakan bahwa dia terlalu lemah dalam urusan perasaan atau mengajurkan bahwa seharusnya dia tidak sesedih itu.

Namun, hindarilah juga ungkapan yang mengasihani mereka sehingga ia merasa bahwa dirinya menjadi korban dalam hubungan tersebut.

Dorong Mereka untuk Melakukan Aktivitas Sendiri

Cobalah untuk memastikan bahwa mereka menghabiskan waktu berkualitas berdua dengan diri mereka sendiri. Itu berarti mencoba melakukan sesuatu yang setiap hari terasa menyenangkan dan bisa dilakukan. Misalnya, berjalan-jalan ke kafe sendirian beberapa kali dalam seminggu atau melakukan aktivitas olahraga.

Akuilah pada mereka bahwa, dirimu tahu ini bukan saat yang mudah bagi mereka untuk menyendiri dengan pikiran mereka saat ini, tetapi mendorong mereka sangat penting untuk mengurangi perasaan tidak berdaya.

Jangan Membahas Mantannya

Jika mereka sedang melampiaskannya kemarahannya atau meluapkan kesedihannya, jangan tergoda untuk membahas sesuatu yang butuk tentang mantannya, walaupun dirimu tak tahan melakukannya.

Jika dirimu berbicara tentang mantannya, temanmu akan membencinya, seolah-olah dirimu sedang mengatakan bahwa dia memiliki selera yang buruk. Lebih baik, tunjukkanlah bahwa dirimu benar-benar peduli terhadap mereka dengan sentuhan yang menenangkan atau dengan kata-kata yang positif.

Pastikan Dirimu Selalu Ada Untuknya

Jika dirimu dan sahabat cukup beruntung berada di kota yang sama, menawarkan untuk mengajak mereka berwisata selama akhir pekan adalah ide yang bagus.

Ini adalah waktu yang berkualitas bagi kalian untuk berkumpul bersama, karena banyak cerita yang bisa dibagi agar sahabatmu lebih bersemangat dan melupakan kesedihannya. Hal ini juga akan menjadi jalan yang mempererat hubungan kalian.

Demikianlah ulasan megenai beberapa tips untuk membantu sahabat yang sedang putus cinta. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading