Sukses

Lifestyle

Tips dan Manfaat Meningkatkan Produksi Kolagen bagi Tubuh

Fimela.com, Jakarta Kolagen memang selalu menjadi topik hangat di bidang kecantikan. Sebagai protein berserat yang paling kuat yang dapat ditemukan di dalam tulang, otot, tendon, dan kulit tubuh manusia, kolagen adalah komponen utama jaringan ikat yang menyediakan struktur untuk menyatukan tubuh dan menahan peregangan jaringan.

Ada 4 jenis utama kolagen dengan 1 jenis yang paling umum. Kenyataannya, setidaknya ada 16 jenis kolagen yang berbeda.

Secara sederhana, kolagen dapat dianggap sebagai lem yang membantu membentuk struktur kuat di jaringan dan penting untuk kesehatan pembuluh darah. Paling umum, kolagen mewujudkan konotasi positif untuk perannya dalam menjaga kekencangan kulit, seperti dilansir dari byrdie.com.

Terdiri hingga sekitar 25% dari total kandungan protein, kolagen memiliki kekuatan tarik yang besar dan bersama dengan keratin lembut, kolagen bertanggung jawab untuk kekuatan dan elastisitas kulit. Ini menjelaskan sebagian besar peran kolagen dalam mengurangi munculnya keriput dan kulit kendur.

 

 

Ada lebih banyak kolagen berarti kesehatan lebih baik?

Mengingat komponen kolagen yang bermanfaat untuk kulit, rambut, kuku, dan struktur sendir, penting untuk mempertahankan jumlah yang memadai, dan nutrisi pendukung kolagen akan membantu menjaga struktur yang sehat. Mengonsumsi kolagen dapat membantu melawan efek degradasi kolagen pada kulit.

Saat berusia lebih dari 30 tahun, produksi kolagen secara alami akan menurun, mengakibatkan kemungkinan kulit menipis dan hilangnya elastisitas yang lebih tinggi, mengakibatkan pembentukan keriput. Seiring waktu, kualitas kolagen yang diproduksi akan semakin rendah dan tercermin dari berkurangnya kekenyalan pada struktur kulit, serta memengaruhi persendian yang menyebabkan tulang rawan melemah.

Komponen kunci lain untuk meningkatkan produksi alami kolagen adalah vitamin C. Tanpa vitamin C, tubuh tidak dapat memproduksi kolagen, sehingga tidak mengherankan jika kudis adalah penyakit yang terkait dengan degradasi kolagen.

Cara meningkatkan kolagen

Untuk membangun kolagen, tubuh membuat prokolagen prekursor yang dimulainya semua kolagen. Ini menggabungkan asam amino glisin dan prolin, bersama dengan vitamin C.

Fokus pada diet kaya protein juga dapat memberikan profil asam amino padat untuk membuat protein struktural baru. Mengonsumsi suplemen adalah metode lain untuk meningkatkan kolagen secara keseluruhan.

Sebagian besar suplemen adalah kolagen atau gelatin terhidrolisis, bentuk yang telah memecah kolagen menjadi peptida dan lebih kecil, serta lebih baik diserap. Banyak orang menambahkan kolagen ke dalam kopi agar lebih mudah untuk dikonsumsi sehari-hari.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading