Sukses

Lifestyle

5 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Olahraga di Bulan Puasa

Fimela.com, Jakarta Menjalani ibadah puasa tidak menghalangi masyarakat untuk melakukan olahraga. Namun olahraga di saat puasa perlu diperhatikan agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Perlu diingat bahwa saat puasa disarankan tidak melakukan olahraga secara berlebihan. Kamu harus memilih jenis olahraga yang ringan agar tubuh tetap kuat menjalani ibadah puasa. Selain itu, ada beberapa hal lainnya yang perlu kamu perhatikan saat olahraga di bulan puasa.

1. Waktu olahraga

Terdapat tiga pilihan waktu yang baik untuk olahraga saat Ramadan. Seperti sebelum, setelah buka, dan setelah sahur. Olahraga sebelum buka akan membantu tubuh menerima asupan makanan saat buka puasa untuk menggantikan energi yang telah dibakar. Selain itu jangan paksakan diri dengan melakoni olahraga yang berlebihan. Batasi olahraga maksimal 60 menit sebelum berbuka.

Dua sampai tiga jam setelah berbuka puasa, kamu bisa melakukan olahraga. Tubuh telah mencerna makanan berbuka dan telah memberikan energi ke dalam tubuh. Terakhir, olahraga setelah sahur bisa kamu lakukan dengan intensitas yang ringan untuk menjaga kebugaran tubuh saat puasa.

 

2. Jenis olahraga

Lakukan beberapa olahraga ringan saat berpuasa. Seperti jogging atau jalan cepat yang dilakukan 20-30 menit pada sore hari. Selain itu kamu juga bersepeda sembari waktu berbuka puasa selama 45 menit. Namun jika kamu merasa lemas atau malas berolahraga keluar rumah, kamu bisa mencoba yoga dengan gerakan-gerakan yang tidak terlalu menguras tenaga.

3. Perhatikan asupan makanan

Penting bagi tubuh untuk tetap mengonsumsi makanan yang mengandung gizi lengkap. Mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, sampai mineral. Disarankan saat sahur konsumsi karbohidrat kompleks dan makanan berserat sehingga energi dalam tubuh tidak cepat habis. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan protein, kamu bisa konsumsi ikan, daging, dan telur. Jangan lewatkan sayur dan buah untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral.

 

4. Perhatikan asupan cairan

Pastikan tubuh terhidrasi dengan baik. Minumlah segelas air putih pada sebelum dan dan setelah makan sahur dan berbuka. Kamu juga bisa minum 1-2 gelas ketika makan. Sisanya dapat diminum sebelum dan sesudah tidur.

5. Pola tidur

Untuk menjaga tubuh tetap prima, perhatikan waktu dan pola tidurmu. Waktu tidur yang kurang dapat memengaruhi kinerja tubuh. Tidur siang selama puasa terkadang dibutuhkan untuk mempertahankan kondisi tubuh tetap sehat. Idealnya, orang dewasa memerlukan waktu tidur sekitar 7-9 jam perhari.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Alternatif Hiburan Saat Kamu tidak Bisa Mudik Lebaran
Artikel Selanjutnya
4 Pilihan Menu Sehat untuk Tingkatkan Imun Tubuh Selama Libur Lebaran