Sukses

Lifestyle

4 Tips Membangun Kepercayaan Diri

Fimela.com, Jakarta Kita sering dikelilingi oleh stres, ketakutan, ketidakpastian, dan COVID-19 tidak membuatnya menjadi lebih baik. Itu menyebabkan dirimu merasa lelah, merampas antusiasme dan semangat hidup. Itu merampas dirimu dari kebahagiaan dan harga diri, dan kepercayaan dirimu, bahkan jika dirimu melakukannya dengan baik dalam kariermu. Mengembangkan kepercayaan diri adalah tentang belajar menghadapi semua tantangan dan perjuangan yang berbeda dalam hidup dan menjadi pemenang, di mana dirimu tahu untuk menyeimbangkan kesuksesan dan kebahagiaan.

Alasan sebenarnya di balik menunda-nunda bukanlah kemalasan, seperti yang mungkin dipikirkan. Itu adalah tekanan, harapan, kecemasan, dan ketakutan. Mungkin dirimu perfeksionis dan menetapkan standar tinggi untuk diri sendiri. Dirimu takut presentasimu tidak sesuai dengan sasaran. Atau dirimu khawatir anggota timmu mungkin tertawa di belakangmu. Mungkin dirimu terus mencari persetujuan dan validasi dari orang lain. Penundaan adalah reaksi alami dari pikiran untuk memblokir apa yang belum siap dirimu tangani. Berikut ini adalah beberapa tips membantumu membangun kepercayaan diri pada diri sendiri.

Fokus pada Keterampilan Perncanaan dan Manajemen Waktu

Tetapkan tujuan dan prioritaskan rencana tindakanmu dengan waktu yang menyertainya. Pastikan itu realistis dan dapat dicapai. Misalnya, jika presentasimu memerlukan penelitian, yang membutuhkan waktu, alih-alih mengerjakannya langsung, bagi menjadi bagian-bagian kecil yang bisa diterapkan. Sehingga dirimu tidak stres dan tidak merasa kewalahan.

Beranikan Diri untuk Belajar dari Kehilangan

Itulah satu-satunya cara untuk menghadapi ketakutanmu. Ambil risiko yang telah diperhitungkan, coba hal-hal baru atau coba lakukan hal-hal secara berbeda. Orang sering kali kasar pada diri mereka sendiri dan menetapkan standar tinggi untuk bekerja. Maksudnya, menetapkan standar yang tinggi itu baik. Tetapi jika standar ini tidak realistis dan tidak dapat dicapai, itu merusak kepercayaan dirimu.

Latih Kemampuan untuk Mengatakan Tidak

Berapa kali dirimu mengambil lebih banyak pekerjaan daripada yang dapat dirimu lakukan, karena takut terlihat tidak kompeten? Hasilnya biasanya jauh dari efisien. Ini membantu untuk mengetahui dan mengakui batasanmu. Dirimu mendapatkan rasa hormat orang lain dalam jangka panjang saat dirimu dapat dengan tenang mengartikulasikan kata tidak saat dibutuhkan. Itu menambah kepercayaan dirimu.

Mulailah dengan Fokus pada Postur Tubuh

Berdiri dan berjalan tegak, dengan bahu lebar, wajah tersenyum, selalu menatap mata orang lain saat bercakap-cakap. Menyesuaikan postur ini memungkinkan otak berpikir bahwa dirimu sedang berada di puncak. Ini membantumu merasa percaya diri. Senyuman menempatkanmu pada pola pikir yang positif. Ini membuka bagian pemecahan masalah di otak. Sekarang ketakutan dan ketidakpastian tidak akan hilang dari hidupmu. Tetapi senyuman mengubah sikap, membantumu menyesuaikan pikiran yang terbuka dan ingin tahu untuk menghadapi tantangan dengan percaya diri.

Membangun kepercayaan diri ini akan menambah kemampuan untuk mengatakan keseimbangan kehidupan kerjamu. Akan selalu ada beberapa memberi dan menerima. Dengan menrima fakta ini, dirimu akan mempelajar seni melepaskan hal-hal yang membuatmu jatuh dalam hidup.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading