Sukses

Lifestyle

Bukan Cinta, Inilah 5 Tanda Dirimu Jadi Korban Manipulasi Perasaan Pasangan

Fimela.com, Jakarta Banyak sekali yang tidak menyadari bahwa perilaku pasangan yang terlihat seolah-olah sebagai tanda kasih sayang padahal itu hanyalah perilaku yang dapat memanipulasi hubungan. Inilah yang sering dinamakan dengan positive toxic relationship, sesuatu yang terlihat baik dalam hubungan yang sebenarnya adalah perilaku beracun.

Berikut ini adalah beberapa perilaku pasangan yang terlihat seperti perlakuan cinta padahal hanya manipulasi semata.

1. Selalu Mengecek Keberadaanmu

Dia selalu merindukanmu ketika keluar dengan teman-teman sehingga membuatnya terus mengirimimu teks berturut-turut. Ini mungkin terlihat seperti perhatian dari pasangan, tetapi jika terus menerus dilakukan secara berlebihan, misalnya selalu menanyakamn keberadaanmu, khawatir tentang kondisimu bahkan cenderung posesif. Ini bukanlah perhatian ini adalah bentuk pengendalian secara halus.

2. Selalu Menggunakan Kata “Itu karena aku mencintaimu”

Apakah sepertinya setiap kali pasanganmu melakukan sesuatu yang membuatmu kesal, seperti menunjukkan rasa cemburu yang berlebihan, dia dengan cepat memberi tahumu bahwa perilakunya yang buruk hanya karena dia sangat mencintaimu? Ini bisa menjadi cara baginya untuk mengalihkan perhatianmu dan meluapakan kekesalan.

3. Dia Tidak Bisa Hidup Tanpamu

Dia memberi tahumu bahwa dirimu sangat berarti baginya, dia akan mati tanpamu. Ini tidak romantis, ini hal yang menyeramkan. Bagi beberapa pelaku kekerasan emosional, ini bisa berakhir dengan ancaman bunuh diri sebagai cara untuk mengontrol saat dirimu tidak melakukan apa yang mereka inginkan.

4. Dia Menjadi Sangat Manis setelah Bertengkar

Saat bertengkar hebat setelah itu dia menjadi penyayang dan manis. Ini adalah cara untuk membuatmu merasa bersalah karena mengkonfrontasinya atas sesuatu yang menyebabkan pertengkaran. Dia akan berkata, "Kamu salah paham padaku," sebagai cara untuk membuatnya tampak seperti seseorang yang manis dan masuk akal.

5. Membanjirimu dengan Hadiah yang Tak Perlu

Ini mungkin manis, tetapi tidak jika dia merendahkanmu karena hal-hal yang dimiliki. Jika dia mengganti furnitur, pakaian, atau item lainnya dengan yang dia sukai untukmu, dia tidak memberimu hadiah kejutan, dia mencoba mengubahmu menjadi sesuatu yang bukan dirimu.

Jika sudah merasakan tanda-tanda di atas dalam hubunganmu, sebaiknya jangan hanya berdiam saja, karena hal ini biasanya lebih banyak terjadi perempuan. Jika tandanya masih ringan mungkin dirimu bisa menyelesaikannya baik-baik dengan pasangan. Tetapi jika sudah menimbulkan kekerasan, seperti kekerasan verbal, sebaiknya mintalah pertolongan pada seseorang.

#ElevateWomen

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Tanda Pasti Terdapat Toxic People dalam Hidupmu
Artikel Selanjutnya
Hati-Hati, 5 Hal Ini Tanda Dirimu Jalani Codependent Relationship