Sukses

Lifestyle

5 Minuman Sehat yang Dapat Bantu Menyeimbangkan Kadar Kolesterol Tubuh

Fimela.com, Jakarta Pola makan yang tidak sehat seperti konsumsi lemak yang berlebihan bisa mengganggu kestabilan kadar kolesterol tubuh. Meningkatnya kolesterol jahat dalam tubuh bisa meningkatkan risiko terkena sejumlah penyakit berbahaya seperti stroke dan serangan jantung. Untuk itu penting bagi kita mengatur dan menjaga pola makan yang lebih baik demi menjaga kesehatan tubuh.

Salah satu cara untuk bantu menyeimbangkan kolesterol tubuh adalah memilih minuman sehat. Melansir laman medicalnewstoday.com, ada beberapa jenis minuman yang bisa dipilih untuk bantu menurunkan kolesterol tubuh. Apa saja? Selengkapnya, langsung saja simak di sini.

1. Teh Hijau

Teh hijau mengandung katekin dan kandungan antioksidan lain yang dapat bantu menurunkan low-density lipoprotein jahat dan kadar kolesterol secara keseluruhan. Teh hitam juga bisa memberi dampak positif terhadap kadar kolesterol, tapi teh hijau memiliki kandungan yang lebih baik untuk bantu menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh.

2. Susu Kedelai

Kedelai memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah. Mengganti prosuk susu tinggi lemak atau susu krim dengan susu kedelai bisa bantu menurunkan atau menstabilkan kadar kolesterol. Food and Drug Administration (FDA) merekomendasikan mengonsumsi 25 gram protein kedelai per hari sebagai bagian dari pola makan yang rendah lemak jenuh dan kolesterol untuk bantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

3. Jus Tomat

Minuman yang satu ini selain menyegarkan juga sangat menyehatkan. Tomat kaya akan kandungan likopen yang dapat meningkatkan kadar lipid dan menuruhnkan kadar kolesterol LDL jahat. Penelitian juga menyebutkan bahwa mengolah buah tomat menjadi jus dapat meningkatkan kandungan likopennya. Jus tomat juga kaya akan serat yang dapat menurunkan kolesterol dan niacin. Sebuah penelitian tahun 2015 menemukan bahwa 25 perempuan yang minum 280 ml jus tomat setiap hari selama dua bulan mengalami penurunan dalam kadar kolesterol darah. Para partisipan tersebut berusia 20-30 tahun dengan skor indeks massa tubuh minimal 20.

4. Smoothies Buah Beri

Banyak jenis buah beri yang kaya akan antioksidan dan serat, dua bahan yang dapat bantu menurunkan kadar kolesterol. Buah beri seperti stroberi, blueberry, blackberry, dan raspberry bisa diolah menjadi smoothies dengan menambahkan yogurt atau susu rendah lemak serta air dingin. Buah beri punya kandungan kalori dan lemak yang rendah.

5. Minuman Cokelat

Minuman cokelat yang dibuat dari dark chocolate juga kaya akan antioksidan yang disebut flavanol yang dapat menjaga kadar kolesterol tubuh. Pastikan pilih minuman dari cokelat murni, bukan cokelat olahan. Sebab produk cokelat olahan punya kandungan lemak jenuh yang tinggi.

Saatnya untuk lebih memperhatikan pola makan dan asupan makanan serta minuman kita sehari-hari untuk menjaga kesehatan tubuh, ya. Dengan pola makan sehat, maka kita bisa menurunkan risiko terkena penyakit-penyakit berbahaya.

#ElevateWomen

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Alternatif Hiburan Saat Kamu tidak Bisa Mudik Lebaran
Artikel Selanjutnya
4 Pilihan Menu Sehat untuk Tingkatkan Imun Tubuh Selama Libur Lebaran