Sukses

Lifestyle

6 Kegiatan Menarik di Rumah Saja Selama Ramadan

Fimela.com, Jakarta Bagi kebanyakan Muslim, Ramadan adalah waktu bersama keluarga. Dirimu bangun bersama, makan buka puasa bersama, shalat bersama, dan lainnya. Tetapi bagaimana jika dirimu tidak memiliki keluarga di dekatmu? Bangun di apartemen yang sepi dan makan makanan yang terkadang dirimu buat sendiri saat sahur, adalah beberapa realitas menjadi seorang Muslim lajang di bulan Ramadan. Tetapi ada cara membuat Ramadan lebih spesial saat dirimu sendirian seperti berikut ini.

1. Undang Teman untuk Berbuka Bersama

Bahkan jika dirimu tidak bisa makan makanan terakhir kali dirimu memasak, undang orang untuk berbuka puasa. Buatlah seadanya, pesan pizza, atau jika dirimu mampu membelinya, dapatkan layanannya.

2. Menghadiri Shalat di Masjid

Jika dirimu merasa sendirian, cobalah untuk berbuka puasa di masjid. Selain itu dirimu juga dapat beribadah berjamaah dengan beberapa orang.

3. Terlibat Dalam Program Komunitas

Mungkin tampak sulit untuk meluangkan waktu untuk hal lain di bulan Ramadan, tetapi cobalah, setidaknya sekali, untuk melakukan pekerjaan sukarela. Memasak makanan untuk mereka yang menghadiri Iftar di masjid, menjadi sukarelawan selama sehari di dapur umum, membantu membuat atau mendistribusikan brosur untuk program Ramadan, dan lainnya. Intinya adalah memberi kepada orang lain sehingga dirimu bisa mendapatkan kembali apa yang tak ternilai harganya.

4. Membaca Al- Quran

Selain itu, dirimu juga dapat menghabiskan waktu di siang hari dengan bekerja atau dapat juga membaca Al- Quran. Dirimu dapat memaknai setiap arti dalam Al- Quran.

5. Tetap Terhubung dengan Keluarga

Jika dirimu tidak dapat mudik lebaran ke kampung halaman, Sahabat Fimela tetap masih bisa terhubung dengan keluarga menggunakan teknologi yang sudah canggih. Tetap berhubungan setidaknya sekali dalam seminggu dan bagikan tiga hal terkait Ramadan yang telah dirimu lakukan dalam sepulih hari terakhir Ramadan

6. Kejar Tujuan Ramadan

Pilih setidaknya tiga tujuan untuk mengejar Ramadan ini. Baik itu mengendalikan kebiasaan buruk atau memulai kebiasaan baik, melakukan ini akan membantumu fokus dan bekerja lebih keras bulan ini untuk berubah menjadi lebih baik.

Meskipun dirimu tidak dapat mudik lebaran, dan menikmati waktu sendirian di tanah rantau, ada banyak hal yang dapat dilakukan ketika kamu sendirian. Tetapi, usahakan untuk tetap terhubung dengan keluarga melalui sambungan telepon atau panggilan video.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading