Sukses

Lifestyle

5 Komitmen yang Harus Dimiliki Pasangan agar Hubungan Langgeng

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tidak menginginkan hubungan asmara yang langgeng dan sehat? Karena kualitas hubungan secara langsung akan berpengaruh pada kualitas hidup seseorang. Bahkan penelitian menemukan bahwa memiliki hubungan asmara yang sehat juga akan berpengaruh pada kondisi fisik yang sehat.

Jadi, berikut ini adalah beberapa komitmen yang harus dimiliki setiap pasangan agar hubungan sehat dan langgeng.

1. Memiliki Kepercayaan

kepercayaan komponen utama dari sebuah hubungan. Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan seseorang untuk mempercayai orang lain, dipengaruhi oleh seberapa besar ketertarikannya pada orang tersebut. Kepercayaan juga bisa terbangun dari cara pasangan memperlakukanmu. Ketika pasangan memperlakukanmu dengan baik, dapat diandalkan, dan selalu ada di saat dirimu membutuhkannya, maka dirimu juga akan mampu mengembangkan rasa kepercayaan pada pasanganmu.

2. Komunikasi yang Baik

Hubungan yang sehat dapat terlihat pada komunikasi antara pasangan. Hubungan yang sehat memiliki komunikasi yang baik di dalamnya. Hal ini bisa kamu lihat saat dirimu dengan pasangan tengah menghadapi konflik. Walaupun pada dasarnya, sedikitnya konflik juga menjadi tanda bahwa hubungan tersebut adalah hubungan yang sehat.

3. Mengelola Konflik dengan Baik

Terkadang konflik juga bisa menjadi kesempatan untuk memperkuat hubunganmu dengan pasangan. Ketika konflik benar-benar muncul, mereka yang memiliki hubungan yang sehat dapat menghindari ego atau emosi pribadinya. Sebaliknya, mereka tetap menghormati dan berempati terhadap pasangan, saat mereka mendiskusikan pikiran dan perasaan mereka dan berupaya mencari jalan keluar.

4. Ada Timbal Balik

Hubungan yang kuat ditandai dengan timbal balik. Ini bukan tentang timbal balik, bahwa seseorang harus melakukan balas budi kepada pasangannya atau menunjukkan rasa berhutang. Dirimu melakukan sesuatu untuk pasanganmu karena memang menginginkannya. Ini tidak berarti bahwa memberi dan menerima dalam suatu hubungan harus 100% sama.

5. Saling Menghormati

Komitmen dalam hubungan bukan berarti selalu melakukan apa yang diinginkan pasangan, sehingga muncul rasa mengekang atau posesif. Menjaga komitmen artinya masing-masing pasangan bisa menghargai satu sama lain, menghergai batasan dan berupaya untuk menjaga kesetiaan. Sehingga tidak ada muncul rasa saling curiga dan menguasai.

Hubungan yang sehat itu bukan berarti hubungan yang tidak ada konflik sama sekali di dalamnya, tetapi bagaimana pasangan tersebut dapat memanajemen konflik dengan baik, bersikap dewasa, saling respek, saling menolong dan seterusnya. Jadi, apakah hal itu sudah ada dalam hubunganmu? 

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading