Sukses

Lifestyle

5 Tanda Seseorang Merasa Insecure dalam Kehidupan

Fimela.com, Jakarta Insecure atau perasaan tidak aman terletak pada kita dan membuat kita percaya bahwa kita tidak cukup baik. Yang lebih buruk, itu membuat kita kehilangan peluang yang bisa membuat kita bahagia dan memungkinkan kita untuk tumbuh. Lebih jauh lagi, orang yang tidak percaya diri sering kali menghindar dari melakukan sesuatu dan bertemu orang-orang karena takut mereka akan membuktikan apa yang telah mereka pikirkan selama ini yaitu, bahwa mereka lebih rendah.

Memperhatikan bagaimana perasaan teman dan anggota keluarga bisa jadi menantang. Meskipun mudah untuk melihat dan memahami perasaan kita, sulit untuk mengenali bahwa orang-orang di sekitar kita mungkin merasa tidak aman. Selain itu, lebih sering daripada tidak, orang mencoba menyembunyikan ketidakamanan mereka karena merasa malu. Pada kenyataannya, tidak ada yang memalukan tentang perasaan tidak aman. Berikut ini adalah beberapa cara mengenali orang yang sering merasa insecure.

 

1. Mereka Suka Membual dan Menertawakan Tanpa Henti

Orang yang tidak percaya diri sering kali memberikan sesuatu yang berlebihan dengan mencoba memamerkan pencapaian mereka. Mereka cenderung membual tentang pencapaian mereka dalam upaya meyakinkan diri sendiri bahwa mereka cukup baik.

2. Memiliki Standar yang Sangat Tinggi

Untuk membuktikan bahwa mereka layak, mereka akan berjuang untuk kesempurnaan. Dengan kata lain, mereka menetapkan standar tinggi yang tidak realistis untuk diri mereka sendiri dan seringkali berakhir dengan kekecewaan karena mereka tidak dapat mencapai tujuan mereka.

3. Merasa Tidak Pernah Puas

Terlepas dari pencapaian mereka, mereka tidak pernah merasa puas. Meskipun mereka mungkin membual tentang betapa suksesnya mereka, mereka tampaknya selalu menginginkan lebih. Ini mengungkapkan bahwa mereka tidak bahagia dengan diri mereka sendiri dan bahwa mereka mencari kebahagiaan atau validasi dari dunia luar mereka.

4. Menjatuhkan Orang Lain

Dalam upaya untuk membuat diri mereka tampak lebih unggul, orang yang tidak percaya diri bisa menjatuhkan orang lain. Mereka mungkin menunjukkan kekurangan dan kekurangan mereka atau bahkan mencoba menyabotase mereka untuk membuat diri mereka merasa lebih baik.

5. Mudah Tersinggung

Ketika orang membiarkan rasa tidak aman mengambil kendali, mereka tidak dapat menangani komentar atau lelucon sarkastik. Mereka menganggap segalanya secara pribadi dan selalu sangat terpengaruh oleh apa yang dikatakan orang karena mereka yakin bahwa mereka tidak berharga.

Sering kali perasaan tidak aman ini, membuat orang bisa melakukan hal diluar kemampuan mereka, baik itu secara negatif maupun positif. Ingatlah, semua orang memiliki kekurangannya masing-masing, hanya saja, dirimu perlu untuk memilah dan memilih mana yang baik untuk dilakukan dan mana yang tidak baik untuk dilakukan.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Loading