Sukses

Lifestyle

Menjajal Sensasi Baru dari Cita Rasa Kopi Fermentasi Asal Nicaragua

Fimela.com, Jakarta Ketika mendengar kopi fermentasi, kebanyakan orang langsung tertuju pada cold brew. Namun, Nespresso memberikan definisi baru soal kopi fermentasi dengan menghadirkan koleksi Master Origin Nicaragua La Cumplida Refinada,

Kopi ini merupakan seasonal pertama asal Nicaragua yang menggunakan teknik fermentasi pada pembuatannya. Para Coffee Expert Nespresso bekerja sama dengan pertanian di Nicaragua untuk menghasilkan rasa kopi yang istimewa untuk bisa dinikmati pecinta kopi di rumah.

Karena kondisi perubahan iklim, pertanian kecil di Nicaragua dikenal dengan kopi microlots atau kopi yang ditanam dengan jumlah terbatas oleh pengrajin kopi lokal. Di saat yang bersamaan, Coffee Expert Nespresso melihat adanya perkembangan dari eksperimen proses pascapanen kopi itu sendiri, terutama saat proses fermentasi.

Setelah melakukan serangkaian eksplorasi, para coffee expert ini melakukan kolaborasi dengan pengrajin dan petani lokal dari La Cumplida untuk mencoba berbagai eksperimen. Mencari dan menemukan proses fermentasi yang sesuai. Hingga akhirnya ditemukan proses fermentasi yang tepat dengan menyemprotkan ceri kopi yang sudah matang dengan ragi natural.

 

Kesulitan produksi skala besar

Ceri kopi yang sudah disemprot akan didiamkan selama 72 jam untuk menghasilkan rasa kopi yang manis dan ringan dengan note buah-buahan. Ceri kopi kemudian dipantau untuk memastikan temperatur dan waktu yang tepat sehingga menghasilkan profil kopi yang bold. Setelah itu, dikeringkan selama 2-3 minggu.

Meski tidak terlalu sulit, para petani La Cumplida menemui tantangan untuk memproduksi kopi dalam skala besar. Karena mereka harus memerhatikan kualtias terbaik dari biji kopi yang dihasilkan.

Proses fermentasi yang menggunakan ragi membuat kopi mampu menghasilkan notes yang lembut dari rasa candied cherry dan pomegranate. Berbeda dengan rasa manis dengan notes sereal dari Master Origin Nicaragua sebelumnya. Sajian kopi hitam untuk Master Origin Nicaragua La Cumplida Refinada disarankan dalam espresso sebanyak 40ml dan Lungo sebanyak 110ml.

 

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Loading
Artikel Selanjutnya
Quiz: Kepribadian dari Kopi Favorit, Kamu Suka Dingin atau Panas?
Artikel Selanjutnya
Kopi Nirsentuh Pertama di Indonesia yang Bantu Kurangi Penyebaran Covid-19