Sukses

Lifestyle

Sering Menyenangkan Orang Lain, Ini yang Perlu Diketahui Tentang People Pleaser

Fimela.com, Jakarta Orang-orang yang menyenangkan orang lain kesulitan untuk mengatakan tidak karena mereka takut ditolak oleh orang lain. Oleh karena itu, mereka jarang membela diri mereka sendiri dan menegaskan kebutuhan mereka. Tidak mengherankan, selalu memprioritaskan kebutuhan dan keinginan orang lain dapat merusak kesejahteraan emosional, mental, dan fisik seseorang. Secara sosial setiap orang ingin terhubung untuk menginginkan persetujuan sosial. Sementara semua orang membutuhkan persetujuan dan validasi sampai batas tertentu, kesenangan orang bertindak terlalu jauh.

Apakah Perilaku Menyenangkan Orang Lain Berbahaya?

Jika dirimu setuju untuk melakukan hal-hal yang bertentangan dengan prinsip, nilai, dan kebutuhanmu, dirimu telah bertindak terlalu jauh. Ketika dirimu mengabaikan moral dan/ atau kebutuhanmu untuk menyenangkan orang lain, dirimu hanya merugikan diri sendiri. Kadang-kadang, dirimu perlu berdiri tegak, menegaskan kebutuhanmu, dan cukup berkata "Tidak".

Pentingnya Berhenti Berusaha Selalu Menyenangkan Orang Lain

Ini bisa sangat menantang untuk melepaskan kebutuhan untuk menyenangkan. Mempelajari cara menjadi tegas dan memprioritaskan kebutuhan sendiri memang sulit. Namun demikian, itu bisa dilakukan. Lebih penting lagi, itu perlu.

Tanpa melakukan itu, sering kali ada kebencian yang membara yang berkembang dari waktu ke waktu. Mereka mulai merasa dimanfaatkan, diabaikan, dan akhirnya semakin sulit untuk muncul secara otentik dalam hubungan mereka. Jadi, untuk kesehatan hubungan mereka dan kesesuaian batin mereka, sangat penting bagi orang yang menyenangkan untuk belajar bagaimana membela diri mereka sendiri.

Yang Perlu Dilakukan Saat Seseorang Meminta Sesuatu

Pertama, sadari bahwa dirimu selalu punya pilihan. Dirimu tidak hanya memiliki kemampuan tetapi juga hak untuk mengatakan "tidak". Jika ini terlalu membuat stres atau sulit bagimu, dirimu dapat mengatakan bahwa dirimu perlu waktu untuk memikirkannya. Mengatakan ini akan memungkinkanmu untuk mempertimbangkan apakah dirimu benar-benar dapat dirimu lakukan.

Jika dirimu setuju untuk membantu, tetapkan batasan dalam hal itu. Dirimu dapat dengan tegas dan ramah membuat aturan dan bersikap tegas. Pada kenyataannya, dirimu bisa menjadi orang yang berempati dan tegas. Contoh dari hal ini adalah mengakui bahwa orang tersebut berada dalam situasi yang sulit dan dengan tegas menjelaskan bahwa dirimu tidak dapat membantu.

Penting untuk dipahami bahwa dirimu tidak perlu memberikan alasan. Faktanya, memberikan alasan mengapa dirimu tidak dapat melakukan sesuatu dapat membuat hal-hal menjadi lebih sulit karena orang tersebut mungkin berpikir yang tidak-tidak. Ini akan menempatkanmu dalam situasi yang tidak nyaman di mana dirimu mungkin menemukan diri setuju dengan mereka alih-alih bertahan.

Pahami bahwa orang yang mencintaimu tidak akan pernah ingin membuatmu merasa tidak nyaman, stres, atau cemas. Orang yang pantas mendapatkanmu dalam hidupnya tidak akan memanipulasi atau memanfaatkanmu. Jika orang mulai menjauh karena dirimu tidak lagi melakukan semua yang mereka minta, mereka sama sekali tidak pantas berada dalam hidupmu.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading