Sukses

Lifestyle

Susah Tidur dan Konsentrasi? Waspadai Gejala Sindrom Kelelahan Kronis

Fimela.com, Jakarta Apakah kamu sering merasa susah tidur meskipun sedang kelelahan? Atau mengalami kesulitan fokus dan berkonsentrasi?  

Jika kamu mengalami gejala ini lebih dari enam bulan tanpa penyebab yang jelas, bisa jadi  kamu mengidam sindrom kelelahan kronis atau Chronic Fatigue Syndrome (CFS). CFS adalah gangguan yang ditandai dengan kelelahan ekstrem yang berlangsung setidaknya enam bulan dan tidak hilang meski telah beristirahat.

Menurut National Health Service, gejala sindrom kelelahan kronis meliputi sulit tidur, nyeri otot atau sendi, sakit kepala, sakit tenggorokan, masalah memori, pusing, dan lain sebagainya.

Meskipun sejumlah besar penelitian selama beberapa dekade, penyebab CFS masih belum diketahui, ada beberapa tips untuk mengatasi masalah ini. Dilansir Livestrong, berikut ini 5 cara mengatasi kelelahan kronis.

1. Mengatasi masalah tidur

Salah satu keluhan tidur yang paling umum pada orang dengan CFS adalah sering terbangun di malam hari, kata Lisa Medali, PsyD, dokter perilaku tidur dan spesialis insomnia Tetapi dia mencatat bahwa beberapa orang juga kesulitan untuk tertidur.

"Metode standar emas untuk mengatasi kesulitan tertidur dan kembali tidur terus menjadi pengobatan perilaku kognitif untuk insomnia," katanya. Teknik ini membantu kamu mengidentifikasi pikiran dan perilaku yang menghambat kamu untuk tertidur dan menggantinya dengan kebiasaan yang mendorong kebiasaan tidur yang sehat, jelasnya.

2. Makan makanan sehat dan seimbang

Diet sehat yang penuh dengan buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, dan biji-bijian telah terbukti membantu berbagai penyakit, termasuk CFS. Bahkan, salah satu Januari 2019 review di Biomedik & Farmakoterapi menunjukkan bahwa orang yang menderita ME / CFS lebih mungkin untuk memiliki kekurangan vitamin, mineral dan asam lemak esensial.

Donna Casey, MD, internis di Texas Health Presbyterian Hospital Dallas, merekomendasikan untuk mengisi piring kamu dengan makanan berikut untuk memastikan kamu mendapatkan nutrisi yang tepat dalam diet kamu.

3. Minum air sepanjang hari

Tubuh kita terdiri dari 60 persen air, menurut USGS , jadi tidak mengherankan jika kita membutuhkan jumlah H2O yang cukup sepanjang hari untuk berfungsi secara optimal dan ini terutama benar jika kamu menderita CFS.

Agustus 2011 satu studi di Ulasan Nutrition menemukan bahwa orang yang menderita dehidrasi ringan mengalami tingkat yang lebih tinggi kelelahan, serta kebingungan dan kemarahan.

Berapa banyak air yang kamu butuhkan untuk tetap terhidrasi tergantung pada faktor-faktor seperti ukuran tubuh kamu, seberapa banyak Anda berolahraga dan cuaca, tetapi pedoman umum yang baik adalah minum setengah dari berat badan Anda dalam ons setiap hari.

4. Rutin berolahraga

"Orang yang berolahraga secara teratur tidur lebih nyenyak dan merasa lebih berenergi secara keseluruhan, terutama ketika olahraga itu dilakukan di luar ruangan," kata Medali. "Cahaya memberitahu otak untuk berhenti memproduksi melatonin, hormon tidur tubuh kita. Oleh karena itu, tanpa paparan cahaya yang cukup, kita dapat melihat peningkatan kelelahan."

Penelitian, termasuk satu Jul 2011 studi di Current Nyeri dan sakit kepala Laporan , telah menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat membantu meringankan gejala yang berhubungan dengan FMS, kondisi yang sangat mirip dengan CFS. Karena rasa sakit adalah gejala umum dari kedua kondisi tersebut, beberapa latihan mungkin lebih dapat ditoleransi daripada yang lain, termasuk aktivitas berdampak rendah seperti yoga, pilates, aerobik air, dan bersepeda.

 

#Elevate Women

Loading