Sukses

Lifestyle

Pandemi Covid 19 Masih Berlangsung, Lindungi Diri dengan 4 Hal Ini

Fimela.com, Jakarta Pandemi Covid-19 masih berlangsung di Indonesia, bahkan dua pekan terakhir lonjakan korban terus meningkat. Program Vaksinasi Covid-19 tahap tiga secara gratis terus dijalankan dan saat ini telah menyasar masyarakat di atas usia 18 tahun. Namun, pelaksanaannya saat ini masih di wilayah DKI Jakarta dan bagi mereka yang sering beraktivitas di DKI Jakarta.

Dilansir dari rilis yang diterima tim Fimela.com, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan, vaksinasi bagi masyarakat usia 18 tahun ke atas untuk sementara dilakukan hanya di Provinsi DKI Jakarta dengan melibatkan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Vertikal Kementerian Kesehatan (Kemenkes) seperti di antaranya Puskesmas, rumah sakit dan Kantor Kesehatan Pelabuhan di DKI Jakarta. Sementara di luar DKI Jakarta, akan dilaksanakan pada Juli 2021.

Demi menurunkan risiko terpapar virus mematikan ini, tentunya langkah pemerintah menggelar vaksinasi gratis bagi masyarakat usia 18 tahun bisa menjadi kesempatan baik bagi kita untuk meningkatkan herd immunity. 

Meski demikian, risiko akan terpapar virus Covid-19 juga masih ada. Selain itu, terdapat efek samping dari vaksin yang bisa saja membuat kondisi tubuh kita menjadi lemah lantaran imunitas tubuh masing-masing orang berbeda.

Perencana keuangan sekaligus Financial Educator Lifepal.co.id, Aulia Akbar CFP® menjelaskan, meski proses vaksinasi gratis, masih ada beberapa hal dalam keuangan yang harus kita persiapkan terkait hal tersebut. Ada 4 hal penting yang wajib kita persiapkan di masa pandemi ini. Yuk kita simak ulasan berikut ini.

Alokasi Dana darurat

Bukan tidak mungkin, mereka yang sudah menjalani vaksinasi akan terpapar virus ini untuk yang kedua kali dan menulari orang yang tinggal satu atap dengannya. Tes Covid-19 mulai dari tes PCR dan rapid test antigen menjadi sebuah kebutuhan darurat yang harus dipenuhi dalam kondisi pandemi seperti saat ini. 

Pasalnya, jika ada satu orang yang tinggal bersama Anda terpapar Covid-19, maka seluruh anggota keluarga harus menjalani tes Covid-19. Itulah sebabnya, Anda membutuhkan dana darurat.

Selain tes Covid-19, dana darurat akan sangat membantu Anda yang harus menjalani isolasi mandiri untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan seperti bahan makanan, suplemen, alat sanitasi, dan lainnya. 

Bagi sebagian orang, layanan penyemprotan disinfektan profesional hunian juga dibutuhkan setelah orang serumah yang terpapar dinyatakan sudah negatif.  Besaran dana darurat tidak bisa disamakan untuk setiap orang. Intinya, sediakanlah dana darurat, yaitu setara enam kali pengeluaran bulanan Anda.

Pentingnya Asuransi Kesehatan 

Banyak informasi pula yang menyebutkan bahwa orang lanjut usia atau yang memiliki komorbid / penyakit bawaa berpotensi mengalami efek negatif dari vaksin tersebut. 

Bukan tidak mungkin, efek samping tersebut membuat kita jatuh sakit dan harus menjalani perawatan di rumah sakit. Demi memitigasi risiko finansial karena masalah ini, kita pun membutuhkan asuransi kesehatan. 

Asuransi kesehatan juga bisa menutup biaya tes Covid-19 jika ada rujukan dari pihak rumah sakit atau dokter yang bersangkutan.

Persiapkan Asuransi Jiwa

Sejumlah orang dalam golongan tertentu memiliki risiko tinggi mengalami kematian setelah terpapar COVID-19. Sebut saja seperti mereka yang memiliki penyakit kritis bawaan. Bila orang-orang tersebut adalah pencari nafkah utama di keluarga, maka penting sekali untuk memastikan bahwa mereka memiliki asuransi jiwa.

Uang pertanggungan di asuransi jiwa akan cair dan diterima oleh para penerima manfaat apabila, tertanggung kehilangan kemampuan mencari nafkah karena meninggal dunia atau kehilangan fungsi anggota tubuh (cacat tetap total).

Patuhi Protokol Kesehatan

Guna mencegah risiko terpapar virus Covid-19, vaksinasi saja tentu tidak cukup. Harus ada komitmen yang kuat dari diri kita untuk selalu menaati protokol kesehatan. Gunakanlah masker, jaga jarak, dan jagalah kebersihan demi meminimalisir penyebaran virus ini.

Ingat, kurangi juga kegiatan di luar rumah agar tubuh terlindung dari paparan virus. Usahakan untuk selalu menghindari kerumunan dan menjaga asupan makanan sehat bagi tubuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading