Sukses

Lifestyle

Mengenal Manfaat Kesehatan Terbaru dari Kebiasaan Minum Kopi

Fimela.com, Jakarta Minum kopi telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan, mulai dari penurunan risiko penyakit kardiovaskular, hingga risiko penyakit Parkinson yang lebih rendah. Sebuah penelitian yang baru saja diterbitkan menunjukkan hal lain, yaitu bahwa orang yang minum kopi setiap hari memiliki risiko lebih rendah untuk mengembangkan dan meninggal akibat penyakit hati.

Studi ini diterbitkan dalam jurnal BMC Public Health, yang menganalisis data dari lebih dari 495.000 orang di Inggris selama rata-rata 10 tahun. Mereka melacak siapa yang mengembangkan penyakit hati kronis dan kondisi hati terkait, yang menjadi perhatian di seluruh dunia.

Dibandingkan dengan non peminum kopi, orang yang minum kopi memiliki 21% penurunan risiko penyakit hati kronis dan 20% penurunan risiko penyakit hati kronis atau berlemak. Mereka juga memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk meninggal akibat penyakit hati kronis, jika terjangkit penyakit hati kronis, seperti dilansir dari huffpost.com.

 

Manfaat minum kopi untuk kesehatan hati

Penyakit hati adalah maasalah kesehatan utama di seluruh dunia, terutama di negara-negara berpenghasilan rendah, yang telah berkembang selama tiga dekade terakhir. Perkiraan menunjukkan bahwa 1 dari 10 orang memiliki bentuk penyakit hati, karena ada lebih dari 100 jenis penyakit hati yang berbeda.

Potensi penyebab penyakit hati, termasuk virus, genetika, reaksi obat, konsumsi alkohol berlebihan, atau kombinasinya. Manfaat pencegahan penyakit hati terkait kopi dalam studi ini juga menyatakan bahwa banyak orang yang lebih senang minum kopi bubuk, daripada kopi instan.

 

Manfaat minum kopi untuk kesehatan hati

Kopi bubuk memiliki kadar kahweol dan kafestol yang lebih tinggi, dua senyawa kimia yang diketahui memiliki sifat anti inflamasi. Tapi secara keseluruhan, penelitian sering berfokus pada peran senyawa tanaman yang dikenal sebagai polifenol, yang banyak terdapat pada biji kopi.

Untuk membantu mencegah penyakit hati, penting juga untuk berolahraga secara teratur, makan makanan seimbang, dan membatasi konsumsi alkohol. Selain itu, usahakan untuk tidak minum lebih dari 400 miligram kafein dalam sehari atau maksimal 4 cangkir kopi, serta berhati-hati dalam mengonsumsi gula dan sirup.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading