Sukses

Lifestyle

Tips Kece Shaum dan Dijamin Puasa 2015 Gak Bolong!

Fimela.com, Jakarta Beberapa orang mengira tubuh mereka akan langsung siap begitu Ramadan dimulai. Tapi merencanakan jauh-jauh hari bisa membuat transisi jadi terasa lebih muda. Bagaiman cara yang tepat untuk mempersiapkan tubuh sebelum Ramadan? Berikut ini Bintang.com akan menunjukkan 10 tip untuk menyiapkan tubuhmu di bulan puasa 2015. Cekidot!

Konsumsi Makanan

 

A photo posted by ⌛️ (@maerier) on

Mulailah makan dengan jumlah sedang. Jangan makan berlebihan hanya karena Ramadan datang. Kamu manusia, bukan beruang yang akan hibernasi di musim dingin. Kalau kamu makan menyambut Ramadan dengan gaya beruang, hal ini malah meningkatkan nafsu makan dan membuatmu lebih sulit menjalankan puasa.

Sarapan Lebih Awal

 

A photo posted by Sha We (@shawetot) on

Selama ramadan, kita bangun lebih awal untuk sahur yang sangat diwajibkan untuk tidak dilewatkan. Mulailah sarapan lebih awal dari sekarang untuk membiasakan tubuhmu makan sebelum waktu biasa kamu makan. Terutama jika kamu bukan tipe yang biasa sarapan.

Jangan Ngemil

Biasakan makan 3 kali sehari (sarapan, makan siang, dan makan malam) dan hindari ngemil di antaranya. Selama Ramadan, kamu harus terbiasa makan 2 kali sehari, saat sahur dan berbuka. Dengan cara ini, kamu hanya perlu mengurangi 1 kali makan saja.

Kurangi Konsumsi Kopi

 

A photo posted by Laura Ann (@laurabodybuilding) on

Jika kamu pecinta kopi dan tidak mau terkena sakit kepala yang berlebihan di hari-hari pertama Ramadan, mulailah mengurangi konsumsi kafein dari sekarang. Ganti jadi decaf (kopi tanpa kafein) dan minumlah secangkir kopi dalam sehari. Itu akan membuatmu terbiasa untuk tidak terpapar kafein berlebih.

Berhenti Merokok

 

A photo posted by @emiralikucuk on

Perokok yang menjalankan puasa Ramadan tanpa persiapan akan mengalami berbagai gejala putus nikotin seperti mudah tersinggung, cepat marah, kelelahan, tidak sabaran, dan kesulitan konsentrasi. Untuk menghindari ini, kurangi rokok selama hari-hari sebelum Ramadan dimulai untuk melihat apa yang terjadi jika nanti sudah mulai puasa. Ini bagus juga untuk berhenti merokok selamanya setelah Ramadan berakhir.

'Curi Start'

'Curi start' | via: tabloidjubi.com

 

Apa lagi cara yang lebih baik untuk mempersiapan Ramadan selain latihan puasa? Cobalah berpuasa beberapa hari menjelang Ramadan untuk membantumu beradaptasi. Ini juga kesempatan bagus untuk mengganti puasa yang bolong di tahun sebelumnya.

Atur Waktu Tidur

 

A photo posted by @le_papillon_volant on

Jika kamu terbiasa tidur larut dan bangun siang, mulailah mengatur tidurmu dari sekarang. Karena selama Ramadan kamu akan bangun lebih awal untuk sahur. Kamu mungkin akan tidur lebih awal jadinya. Atau bisa juga tidur siang sebentar di tengah aktivitas. Apapun kebiasaan tidur yang kamu pilih, mulailah dari sebelum Ramadan mulai.

Siapkan Stok yang Cukup

 

A photo posted by AYAKO (@anichamope) on

Merencanakan menu makanan sebelum Ramadan membuatmu jauh dari keribetan. Terutama selama minggu pertama Ramadan ketika kamu sibuk menyesuaikan diri. Siapkan menu berbuka dan sahur untuk 7 hari pertama Ramadan. Buat daftar bahan makanan yang dibutuhkan dan belanjalah selagi kamu masih bertenaga.

Konsultasi dengan Dokter

 

A photo posted by Doc On Call (@doconcall247) on

Jika memiliki kekhawatiran akan kemampuanmu untuk berpuasa karena berbagai alasan kesehatan, seperti diabetes atau tekanan darah, sekaranglah waktunya menemui doktermu. Tanyakan doktermu apakah kamu aman untuk berpuasa.

 

Nah itulah yang bisa kamu persiapkan sebelum puasa 2015 datang.

 

Baca juga: Menu Buka Puasa yang Biasa Dihidangkan di Awal Puasa 2015

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading