Sukses

Lifestyle

5 Alasan yang Bikin Kamu Tetap Menulis di Note, Bukan Laptop

Fimela.com, Jakarta Kalau kamu perhatikan, belakangan ini orang lebih sering menatap layar daripada menuliskan sesuatu di buku catatan. Di era digital seperti sekarang ini, kamu pasti enggak kebayang gimana bisa hidup tanpa laptop. Memang sih laptop tuh bisa buat pekerjaanmu jauh lebih efektif dan cepat daripada menuliskan semuanya secara konvensional.

Tapi, penelitian terbaru yang dipublikasi oleh Pam Mueller dan Daniel Oppenheimer menunjukkan, dengan menuliskan sesuatu kamu bisa mempelajari hal tersebut lebih signifikan daripada hanya mengetikkannya di laptop. Ini dia alasan-alasan utamanya.

Alasan #1

Otak bisa dibedakan menjadi dua apabila berkenaan dengan proses kognitif, yakni mengetik dan menulis. Biasanya, kalau menggunakan laptop, kamu hanya akan mengetikkan apa yang kamu dengar tanpa memproses makna dari kata-kata tersebut. Namun, saat menulis pikiranmu akan mentranskip kata-kata tersebut karena tak bisa menuliskan semuanya sekaligus.

Alasan #2

Masih berkenaan dengan hal kamu-eggak-bisa-menuliskan-semuanya. Jadi, bentuk catatan kamu akan berupa poin-poin besar yang akan memudahkanmu dalam memperlajarinya nanti.

Alasan #3

Sesungguhnya laptop adalah salah satu pengalih perhatian yang efektif. Kamu bisa aja malah menjelajah dunia virtual, bukannya mencatat. Dengan mencatat, kamu jadi lebih fokus.

Alasan #4

Master shorthand. Paling jago dalam membuat kata-kata singkatan untuk menghemat waktu agar tak tertinggal mencatat segala hal penting yang dibicarakan.

Alasan #5

Dengan mencatat, kamu bisa menambahkan informasi-informasi penting yang enggak sempat dibahas saat itu. Kalau pakai laptop, penambahannya jadi agak repot karena banyak yang harus diganti.

Kalau kamu mau kasih tahu alasan lain kenapa menulis di note lebih baik daripada mengetik di laptop, langsung share di kolom komentar aja.

 

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berhenti Pakai Hand Sanitizer

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading