Sukses

Lifestyle

6 Fakta Persib, Finalis Piala Presiden yang Jarang Diketahui

Fimela.com, Jakarta Jika kamu penggemar Liga Indonesia, tentu sudah tidak asing lagi dengan klub Persatuan Sepakbola Indonesia Bandung atau lebih dikenal dengan nama Persib. Klub dengan pendukung yang menamakan diri mereka Bobotoh ini dibentuk sejak 1933. Sudah lama juga, ya? Meski sudah lama berdiri dan memiliki suporter yang loyal, masih ada beberapa hal yang mungkin belum diketahui publik tentang klub sepakbola yang dijuluki Maung Biru. Berikut Bintang.com akan tampilkan beberapa faktanya. Cekidot!

Fakta 1 Viking Persib Club, Bonekmania, The Jakmania, dan Aremania adalah 4 kelompok suporter paling fanatik dan loyal di Indonesia. Bahkan sebenarnya, lebih berani dari Hooligan. Tapi fanatisme suporter Indonesia terkesan menjurus kepada aksi kekerasan yang sangat kampungan.

Fakta Persib | via: kaskus.co.id

Fakta 2 Pertandingan Persib vs Persija dianggap merupakan El-Clasico Indonesia. Padahal sebenarnya tidak ada alasan sama sekali berdasarkan sejarah. Pertandingan keduanya menjadi panas hanya karena pengaruh suporter yang saling bermusuhan dari sejak awal tahun 2000-an. Faktanya, klub Persebaya lah yang menjadi klub tandingan Persib di setiap kompetisi dari sejak puluhan tahun lalu. Pertandingan Persib vs Persebaya lebih tepat menggunakan istilah El-Clasico.

Fakta Persib | via: kaskus.co.id

Fakta 3 Hanya 2 klub Indonesia yang setiap kali bermain selalu menjadi Trending Topic di Twitter, yaitu Persib dan Persija. Biasanya Trending Topic Persija dibantu oleh akun-akun nasional, iklan, dan akun Bobotoh sendiri. Bahkan tagar ‪#‎PersibDay selalu menjadi Trending Topic walau Persib bermain tanpa disiarkan di televisi.

Fakta Persib | via: kaskus.co.id

Fakta 4 Persib adalah satu-satunya klub di Indonesia yang bisa bersaing dengan kepopuleran klub-klub elit Eropa di internet. Terbukti kata kunci Persib adalah yang paling banyak dicari di google selama beberapa tahun terakhir. Mengalahkan popularitas Manchester United. Persib juga merupakan klub dengan FanPage Facebook terbesar di Indonesia dengan likers mencapai 6 juta yang mengalahkan jumlah FansPage Inter Milan. Akun Twitter @Persib juga memiliki pengikut terbesar dibandingkan klub-klub yang lain di Indonesia yaitu mencapai 1,2 juta pengikut.

Fakta Persib | via: kaskus.co.id

Fakta 5 Di samping populer, Persib juga menjadi klub yang mempelopori klub mandiri atau terbebas dari dana pemerintah. Bahkan Persib adalah klub yang paling diburu oleh sponsor mengingat jumlah Bobotoh yang begitu besar dan dapat menjadi pemasukan inti sebuah perusahaan.

Fakta Persib | via: kaskus.co.id

Fakta 6 Persib adalah klub yang sukses melahirkan pendukung secara turun temurun. Bahkan ketika Persib berada dalam keadaan terpuruk, loyalitas suporternya tak pernah padam.

Fakta Persib | via: kaskus.co.id

 

Nah itu dia fakta Persib yang jarang diketahui publik.

 

Baca juga: 8 Fakta Aneh Bin Ajaib Para Hewan dari Laut Dalam

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading