Sukses

Lifestyle

Kenali Ciri-ciri Penyakit TBC Kelenjar yang Dialami Misye Arsita

Fimela.com, Jakarta Innalillahi wa innaillahi rojiun, artis senior Misye Arsita menghembuskan nafas terakhir Kamis (5/10), sekitar pukul 03.00 WIB. Kepergiannya menjadi duka tersendiri bagi dunia hiburan Indonesia, khususnya bagi belantika perfilman. Artis yang pernah berperan sebagai ibu Syahrul Gunawan di sinetron Jin dan Jun ini meninggal dunia di tanah kelahirannya, Kediri, Jawa Timur akibat penyakit TBC (Tuberculosis) kelenjar yang dideritanya.

Mungkin, kamu agak asing dengan penyakit yang satu itu. Namun, keberadannya perlu kamu waspadai. Apalagi jika kamu merasa memiliki gaya hidup yang kurang sehat. Perlu diketahui, bahwa penyakit TBC nggak hanya menyerang paru-paru. Namun bakteri dari penyakit tersebut juga bisa menyerang bagian lunak lainnya pada tubuh. Seperti kelenjar getah bening, kulit, atau mata. Pada kasus Misye Arsita, kuman TBC menyerang kelenjar getah beningnya yang terdapat di ketiak dan sekitarnya.

Seperti pada penyakit TBC umumnya, penderita TBC kelenjar juga mengalami batuk-batuk dalam waktu lama. Lebih dari itu, masih ada beberapa gejala penyakit mematikan ini yang wajib kamu ketahui. Apa saja? Berikut ulasannya.

Nafsu makan menurun. Penyakit ini juga membuat penderitanya kehilangan nafsu makan. Tubuh yang sedang sakit menyusun sebuah tanggapan inflamatory yang kompleks. Tanggapan ini memproduksi zat kimia bernama cytokines yang memiliki berbagai efek luas dan bertanggung jawab atas berkurangnya nafsu makan. Itulah sebabnya penderita penyakit ini nggak nafsu makan.

Nafsu makan menurun. (Bintang Pictures)

Batuk kronis. Seperti yang dialami oleh penderita penyakit TBC pada umumnya, penyakit TBC kelenjar ini juga membuat penderitanya batuk parah dan sering yang membuat nggak nyaman si penderita.

Batuk kronis.(Via m.thecrowdvoice.com)

Mudah lelah. Karena terjadi peradangan pada kelenjar getah bening oleh bakteri TBC, tubuh jadi mudah lemah meski tidak melakukan aktivitas yang berat. Jika kelelahan, penderita bisa saja menderita demam, dan apabila kelenjar yang bengkak dipegang akan terasa panas.

Mudah lelah. (via Liputan6.com)

Muncul benjolan. Sesuai dengan namanya, orang yang terserang penyakit ini, kelenjarnya akan mengalami pembengkakan. Awalnya, penderita nggak akan merasakan benjolan yang muncul. Namun, lama kelamaan kelenjar bengkak yang biasa muncul dileher itu membesar dan menyebar, lalu baru disadari oleh penderita. Pembengkakan ini merupakan peradangan kelenjar getah bening oleh bakteri penyakit ini.

Muncul benjolan. (Via: entertainment.harianterbit.com)

Pada beberapa kasus, benjolan bisa pecah dan mengeluarkan cairan semacam nanah. Kalau nggak segera diobati, kelenjar getah bening akan mengalami luka dan penyembuhannya jadi sangat lama. Saat sembuh pun, penyakit yang dialami oleh Misye Arsita ini hasilnya akan terlihat buruk. Di mana bekas luka akan cekung ke dalam.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading