Sukses

Lifestyle

3 Gerakan Olahraga Penetral Sendi Setelah Duduk Seharian

Fimela.com, Jakarta Duduk dan berdiri adalah dua hal yang erat kaitannya dengan gerak tubuh. Pada beberapa kesempatan, duduk bisa dikatakan sebagai aktivitas untuk mengistirahatkan diri. Namun, pada beberapa kesempatan lainnya, duduk justru bisa jadi kegiatan yang nggak baik untuk kesehatan. Apalagi jika dilakukan terlalu lama. 

Pekerja kantoran adalah salah satu golongan orang-orang yang duduk berjam-jam, bahkan sepanjang hari di depan laptop. Menurut laporan dari CNN yang dilansir dari Lifehack.org, duduk sepanjang hari sebenarnya bisa membunuhmu, atau setidaknya akan memperpendek usia. Ketika kamu memutuskan untuk duduk dalam jangka waktu yang lama, tubuhmu perlahan-lahan jadi lebih membungkuk di bagian atas. Seiring waktu, tulang mulai melemah karena stres pada sendi.

Begitu juga pada otot pinggul dan sendi yang mulai memendek dan ketat. Pada akhirnya, sirkulasi darah dalam tubuh menurun karena kurang gerak. Hal ini tentu jelas mengkhawatirkan. Kerusakan-kerusakan yang nyata akan terjadi seiring berjalannya waktu. Namun, meski demikian, bukan berarti efek-efek dari duduk terlalu lama nggak bisa diatasi. Bisa banget, yaitu melalui gerak olahraga. Lagi-lagi memang harus kembali ke sebuah gerakan. Di tengah-tengah kesibukanmu, mungkin kamu bisa menyisihkan waktu sekitar 15 menit sebelum tidur untuk melakukan 3 gerakan dengan properti roll busa berikut ini. Cekidot!

Glute Smash. Kebanyakan orang nggak menyadari bahwa menggulirkan glutes akan membantumu meringankan lebih dari sekedar otot pantatmu. Kamu juga akan melonggarkan paha belakang bagian atas dan membantu menghilangkan beberapa rasa nyeri dari punggung bagian bawah.

Glute smash. (Via: lifehack.org)

Hip Flexor. Ketika kamu duduk untuk jangka waktu yang lama, otot-otot pinggul (termasuk quad dan pinggul fleksor) perlahan akan memendek dan menjadi lebih ketat. Pinggul yang ketat membuatnya sangat tidak nyaman untuk berdiri tegak, dan sendi akan menempatkan banyak tekanan pada punggung bawah.

Hip flexor. (Via: lifehack.org)

T-Spine Smash. Gerakan sederhana ini adalah salah satu gerakan yang dapat membantu menetralkan tubuh bagian belakang dari kebungkukan. Begitu banyak orang mendapatkan risiko bungkuk karena menghadapi komputer setiap hari. Manfaat lain dari gerakan ini adalah membantu melepaskan ketegangan yang dirasakan sepanjang minggu. Selamat berolahraga!

T-spine smash. (Via: lifehack.org)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading