Sukses

Lifestyle

Alasan Din Minimi Menyerahkan Diri

Fimela.com, Jakarta Pemimpin kelompok eks kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM), Nurdin bin Ismail alias Din Minimi bersama 120 anggotanya akhirnya mau menyerahkan diri. Dijemput langsung oleh Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso penyerahan Din Minimi dianggap dapat membuat Aceh semakin damai.

Dalam keterangan persnya di Lanud Halim Perdanakusuma, Selasa (29/12/2015) Sutiyoso mengungkapkan tidaklah mudah untuk membuat Din Minimi dan anak buahnya menyerahkan diri. “Dalam satu bulan itu, saya intens komunikasi dengan Din Minimi. Melalui komunikasi dengan dia, saya gunakan pihak lain yang punya akses. Kami intens berkomunikasi," ucap pria yang akrab disapa Bang Yos itu seperti dikutip dari Liputan6.com. Lalu apa yang menjadi alasan Din Minimi mau menyerahkan diri?

Kepala BIN, Sutiyoso (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pertama, sebelum setuju untuk menyerahkan diri Din Minimi meminta Sutiyoso untuk memberikan amnesti kepada anggotanya. Kabarnya kelompok eks kombatan GAM yang dipimpin oleh Din Minimi tersebut akan diberi amnesti dan dibebaskan setelah diproses secara hukum.

Kedua, tak hanya memikirkan soal kebebasan para anggotanya, dalam tuntutannya Din Minimi meminta agar Sutiyoso memberikan santunan kepada anak-anak yatim piatu serta para janda yang merupakan korban konflik di Aceh.

Ketiga, dalam tuntutannya Din Minimi juga meminta agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terjun langsung ke daerah-daerah tingkat dua di Aceh. Tak hanya itu, Din Minimi juga meminta agar KPK nantinya membuat tim pengawas independen dalam pemilihan kepala daerah.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading