Sukses

Lifestyle

Pencakar Langit Dubai Terbakar Saat Perayaan Tahun Baru 2016

Fimela.com, Jakarta Perayaan Tahun Baru di Dubai tahun ini dimeriahkan dengan pesta kembang api mewah. Warga serta para turis asing berkumpul di menara Burj Khalifa untuk menyaksikan perayaan Tahun Baru yang megah. Tapi, para penonton pesta kembang api dikejutkan dengan jilatan api yang melahap satu sisi sebuah pencakar langit yang berada di seberang Burj Khalifa. 

Reuters melaporkan, lidah api melahap satu sisi hotel The Address Downtown Dubai yang memiliki 63 lantai ini. Tak hanya itu, api juga menjilat blok pemukiman. Sebuah stasiun televisi juga merekam puing-puing gedung yang berjatuhan, bersamaan dengan orang-orang yang berlarian menjauhi gedung.

Paul Mithun, seorang konsultan Amerika Serikat yang berdiri di balkoni untuk menyaksikan pesta kembang api di Burj Khalifa melihat cahaya di satu sisi gedung hotel tersebut. "Tadinya saya kira ada orang yang menyalakan kembang api. Tapi, tak lebih dari 2 menit kemudian api menjalar hingga melahap dua per tiga pencakar langit itu. Saya melihat semuanya. Kejadian ini sangat buruk" ceritanya kepada Reuters. 

Meskipun hotel mewah tersebut sedang diselimuti api, Bangor Daily News menulis, orang-orang lantas bersuka ria melihat warna-warni kembang api yang memecah langit malam di sekeliling Burj Khalifa ketika tahun berganti. Kantor berita milik pemerintah Dubai mengatakan, kebakaran di Address saat itu sudah ditangani 90 persen. Kepala polisi Mayor Jendral Khamis Matar mengatakan kepada stasiun TV Al Arabiya, semua penghuni hotel sudah dievakuasi. "... dan ada 14 orang yang mengalami luka ringan," katanya seperti yang dikutip Reuters.

 Pencakar Langit Dubai Terbakar Saat Perayaan Tahun Baru 2016 | via: businessinsider.com

Namun, tim medis yang berada di lapangan justru memiliki data yang berbeda dari pernyataan Khamis. Mereka mengatakan kepada Reuters, ada lebih dari 60 orang yang mengalami luka ringan akibat menghirup asap. Selain itu, ada juga di antara mereka yang terluka ketika berebut turun melalui tangga darurat untuk menyelamatkan diri. 

Kebakaran tersebut, seperti yang dilaporkan Reuters, berlangsung selama beberama menit. Salah satu penghuni hotel yang tinggal di lantai 15 memberikan kesaksian, alarm tanda bahaya tak berfungsi saat api melahap hotel mewah tersebut. "Alarm tersebut mati ketika api sudah menyelimuti gedung, " katanya kepada Reuters. 

Pencakar Langit Dubai Terbakar Saat Perayaan Tahun Baru 2016 | via: huffingtonpost.com

Meskipun pesta kembang api tak terusik musibah kebakaran ini, salah satu saksi mata mengatakan warga sempat panik. "Banyak orang yang panik, banyak suara, bahkan juga ada jeritan," katanya kepada Reuters. Sementara kantor berita Dubai mengatakan, api berasal dari bagian luar gedung di lantai 20. 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading