Sukses

Lifestyle

Edhi Sunarso, Perancang Patung Pancoran dan HI Tutup Usia

Fimela.com, Jakarta Sebagai warga Jakarta, atau setidaknya warga Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi yang tiap hari wara-wiri di Jakarta pasti sudah nggak asing lagi dengan keberadaan patung Dirgantara alias patung Pancoran, patung Pembebasan Irian Barat di Lapangan Banteng, atau patung Selamat Datang di bundaran Hotel Indonesia (HI).

Namun, tahukah kamu siapa perancang patung-patung ikonik yang kerap kamu lihat? Ialah Edhi Sunarso, seorang seniman asal Yogyakarta yang membuat patung-patung tersebut. Keberadaannya memang tak diketahui khalayak luas, termasuk penikmat karya-karyanya. Hingga beliau tutup usia.

Ya, malam tadi, Senin (4/1), pria kelahiran Salatiga itu tutup usia dalam usia 83 tahun di RS Jogja International Hospital. Info meninggalnya sang maestro pertama kali diumumkan oleh akun Facebook Institut Seni Indonesia (ISI) Jogjakarta. "Berita duka: Telah berpulang ke pangkuan Allah SWT, pematung Indonesia Empu Ageng Edhi Soenarso, malam ini pukul 23.15 di RS Jogja International Hospital." tulisnya.

Berita duka: Telah berpulang ke pangkuan Allah SWT, pematung Indonesia Empu Ageng Edhi Soenarso, malam ini pukul 23.15...

Posted by Institut Seni Indonesia Jogjakarta (Indonesia Institute of the Arts Jogja) on Monday, 4 January 2016

Selain sebagai seniman patung, Edhi Sunarso juga merupkan civitas akademika Institut Seni Indonesia.
Pria kelahiran 2 Juli 1932 ini menjabat sebagai dosen di sana. Dikutip dari majalah sejarah Historia online, sejak awal, Edhi bukanlah seorang seniman, apalagi seniman patung. Ia baru belajar membuat kerajinan tangan dan menggambar setelah menjadi tahanan Belanda dan jadi penghuni penjara Kebon Baru Bandung pada 1946.

 

Foto kiriman Sanjaya San (@sanjayastories) pada

 

Foto kiriman @arditiyaputra pada

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading