Sukses

Lifestyle

4 Strategi Ampuh yang Bikin Keuanganmu Sehat di Masa Depan

Fimela.com, Jakarta Menjadi kaya raya bukan perkara turunan atau warisan. Kamu adalah satu-satunya orang yang bisa menentukan mau jadi apa di masa depan. Mungkin kamu kerap iri ketika melihat orang-orang kaya yang hidupnya sangat glamor. Bagi masyarakat awam, mereka hanya menghambur-hamburkan uang mereka. Kehidupan yang serba mewah ternyata menyimpan berjuta-juta rahasia, hingga akhirnya mereka bisa mempertahankan kekayaan. 

Banyak orang yang cenderung hanya fokus pada jumlah uang yang mereka dapat. Mereka ingin mendapatkan gaji atau pendapatan yang jumlahnya sangat besar. Tapi, kunci agar kamu bisa menjadi kaya adalah dengan mengelola kekayaanmu dengan baik dan benar. Berikut ini beberapa tips dan strategi agar keuanganmu sehat di masa depan. 

Investasi jangka panjang. Banyak orang yang mengeluh karena uang yang sudah mereka investasikan tak tumbuh menjadi jumlah yang sangat banyak. Sebelumnya, kamu harus tahu, uang yang kamu investasikan bisa beranak-pinak jika jangka waktunya sangat lama, lebih dari 10 tahun. Dengan jangka waktu yang panjang, pergerakan dan pertumbuhan harta yang kamu investasikan akan terlihat. 

Tunggu gaji banyak untuk menabung? Tak perlu! Kalau kamu punya kemauan yang kuat untuk menabung dan peduli dengan keuanganmu di masa depan, kamu masih bisa menabung meski gajimu sekecil apa pun! Menabung bukan perkara jumlah uang yang kamu simpan. Tapi jangka waktu dan juga konsistensinya yang paling penting. Jadi, jangan jadikan gaji atau pendapatan yang kurang sebagai alasan untuk tidak menabung. 

Gunakan uang tunai. Mungkin kamu memang punya kartu kredit dan juga kartu debit. Tapi, sebaiknya gunakan uang tunai untuk membayar apa pun. Menggunakan kartu debit, jika kamu tak rajin memeriksa isi tabungan dan mencatat pengeluaran, bakal bikin kamu lupa dan kebablasan menggunakan uang. Apa lagi kalau kamu sudah menggunakna kartu kredit. Utang hanya akan membebani hidupmu di kemudian hari. Jadi, jangan sempat berutang sedikit pun, ya!

Pilih satu hari dalam seminggu untuk bersenang-senang. Berhemat secara gila-gilaan memang bisa membuat keuanganmu sehat di masa depan. Tapi, tanyakan kepada dirimu, apakah kamu bahagia dengan gaya hidup yang seperti ini? Jangan sampai pengiritan belanja sehari-hari justru bikin kamu jadi stres. Pilih satu hari dalam seminggu untuk bersenang-senang bersama keluarga, teman, atau kekasih untuk belanja dan memanjakan diri. Tapi, kamu juga harus membatasinya, ya. 

Itu dia empat strategi yang sangat ampuh kalau kamu ingin keuanganmu sehat di kemudian hari. Jangan lupa, kunci agar kamu bisa kaya adalah dengan berhemat dan menabung secara konsisten. Jangan hanya melihat kehidupan para orang kaya yang kerap menghamburkna uang mereka. Soalnya, uang yang mereka hamburkan hanya sekian persen dari seluruh kekayaan mereka! Jadi, mulai sekarang kamu harus pintar-pintar mengelola uang, ya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading