Sukses

Lifestyle

Komunitas 'Antimainstream' di Bandung

Fimela.com, Jakarta Bergabung ke dalam sebuah komunitas tentunya akan terasa sangat menyenangkan bagi kita makhluk sosial. Di dalam sebuah komunitas kita bisa mengetahui berbagai macam hal yang sesuai dengan hobi ataupun kesenangan kita. Berikut ini adalah beberapa komunitas-komunitas yang bisa kamu temui jika kebetulan sedang berada di Bandung.

Komunitas Bandung Heritage. Komunitas yang satu ini tergolong unik, karena berisikan anggota-anggota yang memiliki kepedulian terhadap bangunan-bangunan bersejarah di kota Bandung. Tujuan utama dibentuknya komunitas ini adalah untuk melestarikan bangunan atau tempat-tempat bersejarah. Komunitas ini dibentuk pada tahun 1987 silam dan saat ini tercatat sudah hampir 500 orang anggota relawan yang tergabung dalam komunitas Bandung Heritage ini.

Komunitas Bandung Heritage. | via: heritage.kereta-api.co.id

Bicons. Setelah tadi kita mengulas komunitas di bidang sejarah dan sosial, kali ini ada sebuah komunitas yang memiliki anggota yang menyukai hobi terhadap burung, yaitu Bicons atau Birds Conservation Society. Komunitas ini didirikan pada tahun 1999 silam dengan tujuan untuk melestarikan lingkungan untuk habitat burung. Kegiatan utama dari Bicons ini adalah mengamati migrasi burung, melakukan penggalangan dana dengan membuat berbagai macam lomba, mengadakan outbond, dan juga memberikan edukasi mengenai dunia burung.

Bicons. | via: sebandung.com

Komunitas Aleut. Komunitas ini lebih menitikberatkan pada kecintaan terhadap daerahnya sendiri (Bandung) dengan cara berwisata atau dengan menelusuri sejarahnya. Aleut sendiri dalam bahasa Sunda memiliki arti berjalan secara beriringan. Komunitas nirlaba ini didirikan pada tahun 2006 lalu. Berbagai kegiatan seperti belajar sejarah Bandung, mengunjungi tempat-tempat wisata sejarah, memutar film-film bertemakan sejarah yang berhubungan dengan Bandung, atau hanya sekedar kopdar. Komunitas ini diisi oleh mayoritas anak-anak muda yang berdomisili di Bandung, Jawa Barat.

Komunitas Aleut. | via: cdn.klimg.com

Komunitas Sahabat Kota (KSK). Salah satu komunitas yang menarik untuk dikaji, adalah Komunitas Sahabat Kota atau KSK yang berbasis di kota Bandung, Jawa Barat. Komunitas ini dibentuk pada tahun 2008 silam yang bergerak di bidang edukasi. Kegiatan utamanaya yaitu memberikan pendidikan dengan membuat berbagai macam modul yang masing-masing memiliki temanya sendiri untuk kemudian diajarkan di beberapa sekolah-sekolah dasar yang tersebar di kota Bandung. Untuk menjaring anggotanya, komunitas ini membuka posisi untuk menjadi relawan yang diumumkan melalui akun jejaring sosialnya. Sejak berdirinya di tahun 2008 yang lalu, komunitas ini memiliki anggota sebanyak kurang lebih 50 orang.

Komunitas Sahabat Kota (KSK). | via: parisvanjava.web.id

Itulah tadi beberapa komunitas yang bisa kamu temui di Bandung. Keberadaan komunitas tersebut secara tidak langsung bisa memberikan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang sekiranya akan berkunjung ke Bandung. Semoga artikel ini bisa menambah wawasanmu dan menjadi referensi untuk menambah pengetahuan mengenai Bandung. (M. Sufyan)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading