Sukses

Lifestyle

Jangan Sampai Tak Tahu 5 Fakta Menarik tentang Ballon d'Or

Fimela.com, Jakarta Meski bukan satu-satunya, namun Ballon d'Or tetap jadi penghargaan bergengsi di dunia persepakbolaan. Diselenggarakan oleh organisasi sepak bola dunia, Fédération Internationale de Football Association (FIFA), Ballon d'Or merupakan penghargaan yang diberikan pada pemain sepak bola laki-laki terbaik tahun itu.

Tak heran kalau banyak pihak, baik pecinta sepak bola atau pun awam, kerap menunggu penyelenggaraan acara penghargaan yang sudah berlangsung sejak 1956 tersebut. Supaya eurofia akan penghargaan yang tahun ini kembali 'disabet' oleh Leonel Messi itu kian lengkap, ketahui dulu kumpulan fakta Ballon d'Or yang dimuat oleh Bein Sport berikut.

Awalnya jadi penghargaan 'eksklusif'. Jadi penghargaan yang kali pertama dimenangkan oleh legenda sepak bola Inggris, Stanley Matthews, Ballon d'Or hingga pertengahan tahun 1990 hanya ditujukan pada pesepak bola yang berasal dan bermain di benua Eropa saja. Hingga pada tahun 1995, aturan tersebut dicabut.

Stanley Matthews memenangkan Ballon d'Or pada 1956. | via: L'Equipe

Penggabungan penghargaan yang melahirkan Ballon d'Or dalam 'wajah' baru. The FIFA Footballer of the Year Award dan France Football’s Ballon d’Or digabungkan menjadi FIFA Ballon d’Or Award di tahun 2010. Penyerang Barcelona, Lionel Messi, menjadi figur pertama yang memenangkan pengharaan baru tersebut.

Lionel Messi kampiun sebagai pemenang Ballon d'Or 2010. | via: destinationsoccer.com

Jurnalis jadi salah satu pihak yang menyumbangkan 'suara' untuk pemenang Ballon d'Or. Sesuai dengan aturan yang diberlakukan FIFA, pemenang Ballon d'Or dipilih dengan cara pemungutan suara. Selain pelatih dan kapten tim nasional, beberapa daftar pewarta pun turut serta dalam pemungutan suara pemenang Ballon d'Or.

Jurnalis sumbang suara untuk pemilihan pemenang Ballon d'Or. | via: FIFA

Perancis jadi negara di mana piala Ballon d'Or dibuat. Ketika berbicara tentang penghargaan, maka trofi merupakan satu dari sekian banyak aspek penting, tak terkecuali Ballon d'Or. Penghargaan tahunan itu menunjuk rumah perhiasan Mellerio dits Meller, Peranics, sebagai pembuat trofi Ballon d'Or.

Trofi Ballon d'Or dibuat di Perancis. | via: iran-daily.com

Ronaldo jadi orang Portugal ketiga yang memenangkan Ballon d'Or. Pada 2008, Cristiano Ronaldo jadi pemain sepak bola ketiga asal Portugal yang memenangkan Ballon d'Or setelah Eusebio dan Luis Figo. Kala itu, Ronaldo mengalahkan Messi dan kampiun sebagai pemenang Ballon d'Or.

Cristiano Ronaldo jadi orang Portugal ketiga yang memenangkan Ballon d'Or. | via: destinationsoccer.com

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading