Sukses

Lifestyle

Jus Lemon Campur Garam Bisa Obati Migrain dalam Sekejap, Oya?

Fimela.com, Jakarta Migrain merupakan salah satu mimpi buruk bagi orang-orang yang memilikinya. Semua aktivitas bisa terbengkalai begitu saja karena rasa sakit yang menyerang kepala. Meski hanya sebelah, namun rasanya sangat menyiksa. Hingga kini, dari segi medis belum ada obat yang bisa menyembuhkannya secara total.

Meski demikian, bukan berarti sakit migrain tak bisa diringankan. Selain obat, beberapa bahan alami dipercaya bisa meringankan sakit kepala sebelah saat migrain kumat. Di antaranya adalah lemon dan garam. Diwartakan oleh Lifehacks.org, dua bahan alami tersebut menjadi kunci dalam mengobati migrain dalam hitungan menit. Meski bukan obat dalam jangka panjang, namun ramuan yang satu ini cukup membantumu untuk normal kembali.

Bahan-bahan yang harus kamu siapkan yakni air, jus lemon dari lemon, dan 2 sdt (sendok teh) garam. Campur semua bahan, minum dan tunggu beberapa menit. Perlu diperhatikan ketika kamu memilih garam sebagai campuran. Pilihlah garam dengan kualitas baik. Garam Pink Himalayan merupakan saah satu garam dengan kandungan yang baik. Mengonsumsi garam terbukti cepat meningkatkan kadar serotonin yang membantu memadamkan rasa sakit dan peradangan.

Campuran air, jus lemon dan garam dipercaya bisa ringankan migrain. (Via: farmpretty.com)

Untuk mengetahui bagaimana tiga bahan tersebut bisa menghentikan migrain dalams sekejap, pertama kita perlu melihat penyebabnya. Datangnya migrain kerap dipicu oleh hal-hal yang berhubungan dengan gaya hidup, seperti dehidrasi, ketidakseimbangan elektrolit, stres, konsumsi alkohol, alergi, dan kekurangan vitamin juga mineral.

Mengapa garam? Elektrolit dalam tubuh kita bertanggung jawab untuk membantu proses terbesar dalam tubuh, termasuk mendukung fungsi saraf, mengatur sistem kardiovaskular, dan mengatur fungsi otot. Bila semua itu mengalami ketidakseimbangan, maka migrain bisa mengancam. Selain itu, garam merupakan sumber mineral yang kemudian bertindak sebagai elektrolit. Salah satu mineral yang sangat penting adalah magnesium. Magnesium ialah anti-inflamasi alami. Saat migrain ditemukan respon inflamasi.

Garam | via: food.com

Mengapa air? Saat tubuh kekurangan air, hal  tersebut dapat memicu datangnya migrain. Saat mirgrain terjadi, hal tersebut dapat membuat tubuh makin terdehidrasi dan menjadikannya semakin parah. Maka, untuk keluar dari lingkaran setan tersebut, penderitanya membutuhkan hidrasi dari air.

Minum air putih yang cukup. (Via: mltblog.com)

Mengapa jus lemon? Berlimpah vitamin C dalam jus lemon dapat mengatasi masalah kekurangan vitamin, yang dapat menjadi salah satu penyebab migrain.

Jus lemon (Via: bbc.co.uk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading