Sukses

Lifestyle

Pawai Jampana, Tradisi Unik Khas Bandung yang Tetap Terjaga

Fimela.com, Jakarta Indonesia merupakan salah satu negara yang paling menjunjung tinggi tradisi serta adat istiadat masyarakatnya. Nyaris seriap suku dan ras yang ada di tanah air memiliki peraturan, tradisi, hingga adat yang terus dipelihara hingga saat ini. Adat istiadata, bahasa serta kebiasaan yang berbeda-beda inilah yang menjadikan Indonesia satu negara utuh yang kuat dan tangguh. Tak terkecuali di Bandung, Jawa Barat

Dianggap sebagai salah satu kekayaan nusantara, adat istiadat dan tradisi unik memang masih terus dipelihara hingga saat ini. Begitupun yang terjadi dengan masyarakat Bandung. Masyarakat asli Bandung yang mayoritas adalah suku sunda, menjadikan sebagian besar masyarakat masih menjunjung tinggi dan melaksanakan tradisi suku asal Jawa Barat tersebut.

Salah satu tradisi unik yang ada di Bandung dan masih dilaksanakan hingga saat ini adalah tradisi Pawai Jampana. Pawai Jampana merupakan salah satu pawai yang dilaksanakan masyarakat Bandung sejak jaman dahulu kala. Berbeda dengan jenis pawai dari kota lain, di sini masyarakat akan membawa tandu besar yang berisi berbagai jenis hidangan dan hasil bumi.

Bupati Bandung H Dadang M. Naser SH., S.Ip hadiri Pawai Jampana | Via: bandungkab.go id

"Di dalam jampana yang dibawa empat orang berisi hasil pertanian da indusrtri rumah tangga masyarakat," kata Bupati Bandung Dadang M, Naser, Minggu (26/4/2015), di sela-sela pawai jampana di komplek Pemkab Bandung. "Jampana merupakan miniatur hasil produksi warga yang dilengkapi dengan tumpeng untuk makan para peserta pawai. Biasanya pawai jampana untuk memeriahkan kemerdekaan Indonesia, namun kami coba juga untuk ulang tahun Kab. Bandung," katanya.

Ya, digelar tiap tahun pawai Jampana dilaksanakan sekaligus untuk memperingati hari jadi Kota Bandung serta hari kemerdekaan RI 17 Agustus. Tak hanya satu, tradisi yang mendapat dukungan penuh dari pemerintah ini membawa 60 tandu sekaligus yang penuh berisi berbagai hasil bumi serta hidangan. Nantinya, hasil bumi yang ada di Pawai Jempana akan diperebutkan oleh peserta Pawai dan penonton. Begitupun dengan hidangannya, akan dinikmati bersama-sama.

Pemerintah Bandung berharap tradisi Pawai Jampana mampu mengundang perhatian wisatawan dan membuat banyak orang berkunjung ke kota Bandung setiap tahunnya. Seru ya?

Pawai Jampana | Via: bandungkab.go.id

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading