Sukses

Lifestyle

Mau Memeriksa Saldo Iuran BPJS Ketenagakerjaan? Ini Caranya

Fimela.com, Jakarta Seakan jadi bentuk perwujudan kemudahan bagi peserta, semua informasi, termasuk saldo iuran, BPJS Ketenagakerjaan bisa diakses melalui aplikasi ponsel bernama BPJSTK Mobile. Mobile app ini sudah bisa diunduh di App Store, Google Play, dan Blackberry App World.

Kepada Liputan6.com, Kepala Divisi Pengembangan Teknologi Informasi (TI) BPJS Ketenagakerjaan Romie Erfianto menuturkan, aplikasi tersebut menampilkan sejumlah fitur, yakni cek saldo Jaminan Hari Tua (JHT), Layanan Esaldo JHT Tahunan, Simulasi Perhitungan Saldo JHT, informasi program JHT, JKK, JKM, informasi lokasi kantor cabang, contact center, dan sosial media link.

Ilustrasi BPJS Ketenagakerjaan. (M. Iqbal/Liputan6.com)

"Sebenarnya aplikasi ini sudah ada sekitar 1 tahun terakhir. Tapi mungkin karena selama ini masih kurang sosialisasinya sehingga banyak yang belum tahu. Tapi akan terus disosialisasikan," ujarnya di Jakarta, Kamis (4/2), seperti diwartakan Liputan6.com.

Meski demikian Romie mengatakan, sebagaimana diwartakan Liputan6.comaplikasi BPJSTK Mobile ini sudah bertengger di peringkat ke-92 sebagai mobile app yang diakses dan diunduh di Indonesia. Namun di kategori aplikasi industri finansial di Indonesia, BPJSTK Mobile berada di posisi ke-3.

Ilustrasi BPJS Ketenagakerjaan. (M. Iqbal/Liputan6.com)

"Jadi, para peserta bisa lebih mengetahui soal BPJS Ketenagakerjaan yang dimilikinya. Kalau dulu saldo iuran kita cetak setiap tahun, kemudian diberikan ke HRD, tapi kan belum tentu HRD-nya memberitahu ke pegawainya. Nah dengan ini pegawainya bisa langsung akses, jadi lebih transparan. Kita bisa tahu berapa iuran yang disetorkan, apakah jumlah dan waktunya sudah tepat," katanya, seperti dilaporkan Liputan6.com.

Romie juga menjelaskan, aplikasi ini bisa jadi media untuk menyampaikan keluhan. "Jadi kalau ada komplain, bisa langsung dilakukan di sini. Jadi dengan adanya aplikasi ini, kendali pengawasan ada di para peserta BPJS Ketenagakerjaan. Semuanya bisa dikontrol," pungkasnya, seperti dilansir Liputan6.com.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Badan Penyelenggara Jaminan Sosial adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial.

    BPJS

  • BPJS Ketenagakerjaan merupakan badan hukum publik yang bertugas melindungi seluruh pekerja melalui program jaminan sosial ketenagakerjaan.

    BPJS Ketenagakerjaan

  • Iuran BPJS

Loading