Sukses

Lifestyle

Presiden Ini Gelar Pesta Miliaran Rupiah Saat Warga Kelaparan

Fimela.com, Jakarta Kontras, ketika hampir seluruh sudut negeri dilanda kelaparan, presiden Zimbabwe, Robert Mugabe, malah menggelar pesta mewah untuk merayakan ulang tahunnya ke-92. Sebagaimana diwartakan Daily Mail, peringatan tersebut bernilai kurang lebih Rp. 13,2 miliar, lengkap dengan kue seberat 92 kilogram.

Sontak, pesta yang digelar pada Sabtu (27/2) tersebut menuai kecaman dari banyak pihak. Meski demikian, banyak juga orang yang terlihat datang dan menyaksikan Robert melepaskan 92 balon ke udara. Tak hanya itu, mereka pun terlihat menikmati pembacaan puisi, lantunan lagu, dan pujian yang tertuju pada Robert.

Robert Mugabe bersama beberapa orang melepaskan balon di pesta ulang tahun. (AP)

Salah satu kue yang terlihat di pesta ulang tahun ke-92 presiden Zimbabwe, Robert Mugabe. (EPA)

Daily Mail melaporkan, beberapa kue nampak memadati meja-meja panjang, termasuk salah satu perwujudan Afrika dan situs warisan dunia UNESCO berupa reruntuhan bangunan yang sudah berdiri sejak abad ke-13. Lelaki yang berulang tahun pada 21 Februari tersebut telah memerintah Zimbabwe selama 36 tahun.

Pada pidato bertele-tele di awal masa pemerintahan, seperti diwartakan Daily Mail, Robert pernah menuturkan, tak akan ada yang kelaparan akibat kekeringan. Nyatanya, Zimbabwe sudah tergopong-gopoh akibat krisis makanan dan inflasi super tinggi ketika pengalihan tanah pertanian.

Ilustrasi anak Zimbabwe yang kelaparan. (niketalk.com)

Media lokal melaporkan, pihak penyelenggara pesta bahkan meminta sumbangan kepada penduduk desa dan guru untuk membantu jalannya perayaan ulang tahun tersebut. Di tengah semua peringatan gegap gempita, Robert kerap menerima kritik akan berbagai hal yang terjadi di Zimbabwe, terutama kelaparan.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading