Sukses

Lifestyle

Baru Lulus? Gunakan Uangmu Buat 3 Hal Penting Ini

Fimela.com, Jakarta Kamu mungkin merasa kalau semua barang dan kebutuhan harga semakin mahal tiap tahun. Ketika kamu baru lulus kuliah dan belum memiliki pekerjaan tetap, mungkin kamu bakal bingung bagaimana harus mengatur keuanganmu.

Soalnya, kamu belum punya pemasukan rutin tiap bulan. Sementara itu, kebutuhan pun semakin bertambah. Agar tidak kewalahan dan justru membuang banyak uang, kamu harus pintar-pintar memilih apa yang harus kamu beli, dan bagaimana menggunakan uangmu. Karena itu, kamu harus menggunakan uangmu untuk beberapa hal penting di bawah ini. 

Uang jaga-jaga. Menabung memang keharusan. Tapi, sebelum menggunakan uangmu untuk hal lain, simpan dulu sebagian uang sebagai uang jaga-jaga. Uang ini tak boleh kamu gunakan, kecuali ada kecelakaan, tiba-tiba sakit, atau kamu kena tipu dan kehabisan uang. 

Bayar utang. Entah berapa jumlah dan keperluannya, kamu mungkin punya utang pada saat sebelum kelulusan. Misalnya, utang kepada teman untuk biaya makan atau indekos. Mungkin juga kamu pernah meminjam uang untuk bayar uang semester. Nah, sebaiknya, lunasi semua utangmu dulu secepatnya. 

Belanja. Yess! Akhirnya kamu bisa belanja dengan uang yang tersisa! Tapi jangan senang dulu. Belanja di sini maksudnya kamu boleh membeli barang apa saja yang kamu butuhkan. Barang tersebut harus benar-benar kamu butuhkan di bidang pekerjaanmu. Misalnya, selepas kuliah, kamu ingin membuat sebuah startupKamu lantas membutuhkan laptop berkualitas tinggi untuk mendesain web dan lain sebagainya. Selama barang itu akan menjadi modalmu untuk dijadikan uang, belanja tidak akan jadi masalah. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading