Sukses

Lifestyle

6 Potret yang Gambarkan Suasana Salat Gerhana Matahari

Fimela.com, Jakarta Bukan hanya soal menyaksikan fenomena langka, tepat kemarin, Rabu (9/3), salat gerhana matahari pun digelar di sejumlah kota. Terkait pemaknaan dan cara memperingati peristiwa yang setidaknya tak akan terjadi di poros sama selama 3,5 abad itu memang terbilang berbeda bagi setiap individu.

Mulai dari mereka yang memanfaatkan momentum itu sebagai waktu berlibur sambil nikmati kejadian langka, bagian dari pekerjaan, hingga orang yang menggunakan peristiwa gerhana matahari sebagai cara untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, tak terkecuali umat Muslim.

Para 'proses buka', beberapa masjid di sejumlah daerah terlihat dipadati jamaah. Sebanyak dua rakaat, mereka melakukan salat gerhana matahari. Berikut sejumlah potret yang gambarkan kekhidmatan bernuansa religius di beberapa kota di Indonesia yang hiasi peristiwa gerhana matahari.

Pantai Losari, Makassar.

Ribuan jamaah yang tidak hanya dari kota Makassar juga menggelar dzikir bersama setelah menunaikan salat gerhana berjamaah.

Pantai Tanjung Kelayang, Tanjung Pandan, Belitung.

Warga melakukan salat gerhana matahari di Pantai Tanjung Kelayang, Tanjung Pandan,  Belitung, Rabu,  (9/4/ 2016). Salat gerhana tersebut diadakan sebagai ungkapan syukur atas kuasa Allah SWT. (Liputan6.com/Gholib)

Masjid Kauman,Yogyakarta.

Ratusan Warga melakukan salat gerhana matahari di Masjid Kauman,Yogyakarta, Rabu (9/3/2016). Salat gerhana tersebut diadakan sebagai ungkapan syukur atas kuasa Allah SWT. (Liputan6.com/Boy Harjanto)

Masjid Al-Azhom, Tangerang, Banten.

Suasana usai menjalankan Shalat gerhana di epan masjid Al-azhom Kota Tangerang, Rabu (9/3/2016). Salat gerhana tersebut diadakan sebagai ungkapan syukur atas kuasa Allah SWT. (Liputan6.com/Faisal R Syam)

Masjid Istiqlal, Jakarta.

Ratusan warga melakukan salat gerhana matahari di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (9/3/2016). Salat gerhana tersebut diadakan sebagai ungkapan syukur atas kuasa Allah SWT. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

 

Bali.

Salat gerhana di Bali tidak menggunakan pengeras suara dan mendapat pengamanan dari para pecalang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading