Sukses

Lifestyle

Kenali 3 Penyakit yang Cuma Ada di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Bukan Indonesia namanya kalau tidak unik dan menarik. Selain memiliki potensi kekayaan alam yang luar biasa serta ragam budaya memukau dunia, negeri kita ini ternyata juga punya penyakit 'langka' dan asing bagi negara lain. Setidaknya ada 3 penyakit yang khas Indonesia dan sejagat tak mengenalnya. Wih, seru kan. Penyakit apa saja, ya? Simak nih uraian Bintang.com berikut ini.  

1. Angin duduk. Ini penyakit yang cuma ada di Indonesia. Paling tidak istilah angin duduk hanya warga negara ini yang mempopulerkannya. Angin duduk dalam istilah medis yakni Angina Pectoris, yakni nyeri dada atau ketidaknyamanan sebab otot jantung tak mendapat aliran darah dengan oksigen cukup. Mereka yang kena angin duduk rasa nyeri di dada, bahu, lengan, leher, rahang, dan punggung. Kalau di luar negeri, angin duduk ini dikenal sebagai gejala dari penyakit jatung koroner.

Angin duduk berarti gejala penyakit jantung koroner | Via: istimewa

2. Masuk angin. Bisa dibilang ini penyakit khas Indonesia. Di luar negeri bahkan negara serumpun seperti Malaysia atau Singapura tidak mengenal masuk angin. Istilah masuk angin yang sering dibikin sok Inggris jadi 'Enter Wind' ini tidak dikenal dalam literatur kedokteran. Ini murni sebutan orang Indonesia untuk kondisi pegal-pegal, kembung, buang angin terus-terusan, mual, flu, batuk, kedinginan, demam, dan sendawa.

Ilustrasi masuk angin | Via: istimewa

3. Schistosomiasis. Dari situs berita nasional diketahui penyakit ini hanya ada di Indonesia. Tepatnya di dataran Lindu, Napu, dan Bada, Provinsi Sulawesi Tengah. Penyakit ini sangat langka dan belum ada obatnya. Bahkan dokter yang pakar di bidang penyakit tersebut sudah meninggal namun Schistosomiasis-nya masih ada. Schistosomiasis penyakit menular menahun yang menyerang manusia. Penyakit yang hanya ada tiga daerah di Sulawesi Tengah itu bersumber dari keong. Penyakit tersebut menular melalui pembuluh darah dan mengakibatkan infeksi hingga menyebabkan perut bengkak. Jika tidak segera diatasi bisa menyebabkan kematian. Dokter dan pakar pengobatan dunia masih penasaran untuk meneliti Schistosomiasis ini.

Keong menyebabkan penyakit Schistosomiasis di Sulawesi Utara | Via: liputan6.comm

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading