Sukses

Lifestyle

Bersama Sumanto dan Ryan, Mainan Robot Gedek Hebohkan Publik

Fimela.com, Jakarta Kamu mungkin sudah lupa dengan Robot Gedek. Tapi, sosok Ryan Jombang dan Sumanto kemungkinan besar melekat dalam ingatanmu. Ryan Jombang adalah tersangka pembunuhan berantai di Jakarta dan Jombang. Kasusnya mulai terungkap setelah penemuan mayat termutilasi di Jakarta. Sedangkan Sumanto percaya memakan mayat akan membuatnya memiliki kekuatan spiritual. 

Sementara Robot Gedek merupakan tersangka pelaku sodomi dan pembunuhan berantai terhadap anak jalanan, Baikuni alias Babeh. Ketigal kriminal ini kini namanya muncul lagi ke permukaan. Bukan melalui berita, tapi dalam bentuk mainan action figure. 

Dilansir dari Liputan6, mainan tersebut dijual dengan harga Rp 200 hingga Rp 300 ribu per item. Bahkan, salah satu situs jual-beli mengaku sudah berhasil menjual 20 buah.

Siswanto atau dikenal sebagai Robot Gedek adalah terhukum karena perbuatan kriminal berupa sodomi disertai pembunuhan anak kecil jalanan di sekitar Jakarta dan Jawa Tengah pada rentang waktu 1994-1996 dengan korban 12 orang anak (Istimewa)

Meski pada kemasannya terdapat tanda 17+, Liputan6 menulis, namun KPAI menganggap mainan tersebut tetap berbahaya buat anak-anak. "Meski ditulis bukan untuk anak-anak, tetap saja itu membahayakan, emang ada yang bisa menjamin kalau itu enggak dimainin anak-anak? Dan 17 tahun itu masih usia anak-anak," kata Sekretaris Jenderal KPAI Rita Pranawati, Rabu (16/3). 

Rita juga mengatakan kepada media yang sama, dia akan memperkarakannya. Karena, beredarnya mainan seperti itu dapat memengaruhi mental dan perilaku anak-anak

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading