Sukses

Lifestyle

Pilkada DKI, Menteri Susi Dianggap Sebanding dengan Ahok

Fimela.com, Jakarta Sosok Basuki Tjahaja Purnama atau akrab disapa Ahok nampak masih melekat di hati masyarakat dalam Pilkada DKI 2017 nanti. Ahok diramal akan kembali terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022.

Namun, menurut peneliti dari Soegeng Sarjadi Syndicate (SSS) Toto Sugiarto, mengatakan kepada Liputan6, elektabilitas dan popularitas Ahok bukan tak terbendung lagi. Hanya saja, parpol masih belum memunculkan lawan Ahok yang sebanding. "Di sini peran parpol untuk mencari lawan yang sepadan. Saya rasa fenomena ini belum tertutup untuk calon lain," ucap Toto. 

Sementara itu, pengamat politik Romo Benny Susetyo menilai, ada beberapa figur yang memang pantas menjadi lawan Ahok. Salah satunya Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. "Andaikata PDIP pinter, tampilkan Susi dengan Djarot. Atau kalau perlu, ya munculkan Wali Kota Surabaya Risma," katanya seperti dilansir dari media yang sama.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti memberikan keterangan saat konferensi pers di Kantor Kementerian, Jakarta, Kamis (15/10/2015). Susi berencana akan menenggelamkan 14 dari 18 kapal pada 19-20 Oktober 2015. (Liputan6.com/Andrian M Tunay)

Romo Benny mengatakan, karakter Susi sebanding dengan Ahok. Pasalnya, Menteri Susi sangat tegas dan dikenal bersih serta unik. Keunikan inilah yang harus dicari parpol untuk menemukan lawan yang pantas buat Ahok. 

Ahok menyatakan maju dalam pilkada tahun 2017 melalui jalur independen. Selain itu, Hillary Clinton mendominasi suara di Super Tuesday.

Selaras dengan Romo Benny, pengamat politik Ray Rangkuti juga berpikir Menteri Susi pantas menjadi lawan Ahok. Menurutnya, Susi memiliki gaya kepemimpinan yang serupa dengan Ahok. Selain itu, Susi juga dinilai memiliki keunikan yang berbeda dengan Ahok. Peluang inilah yang membuat kedua pakar ini menilai Menteri Susi pantas menjadi lawan Ahok di Pilkada DKI nanti. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading