Sukses

Lifestyle

Unik, Bus Ini Sediakan 'Kursi Menyusui'

Fimela.com, Jakarta Sedang dalam fase menyusui, bukan berarti seorang ibu tak bisa beraktivitas seperti biasa. 'Teori' itu dikuatkan dengan kemunculan sederet fasilitas publik di berbagai wilayah sebagai pendukung. Meski jadi salah satu spot yang sering kedapatan menyediakan ruang khusus, bukan berarti pusat perbelanjaan jadi satu-satunya.

Sebagaimana dimuat CCTV News melalui akun Facebook miliknya, bus yang beroperasi di kota Pingxiang, timur provinsi Jiangxi, Tiongkok sengaja menyediakan kursi khusus bagi ibu menyusui. Terdiri dari 10 bus di 4 rute berbeda, inovasi ini telah mendapat pujian dari banyak pihak.

'Kursi menyusui' di bus. (CCTV News/Facebook)

'Kursi menyusui' di bus. (CCTV News/Facebook)

Berlokasi di dekat pintu, 'kursi menyusui' dilengkapi tirai berwarna pink untuk mendapatkan privasi di ruang publik. Meski demikian, penumpang lain boleh membuka tirai dan duduk di bangku tersebut ketika tak ada ibu menyusui di bus. Namun sesaat setelah ada 'sang pemilik kursi' dengan baik hati supir akan mengingatkan penumpang tersebut.

Lebih lanjut CCTV News mewartakan, pada 2013 survei yang dilakukan World Health Organization (WHO) di Tiongkok menunjukkan hanya 28% bayi berusia di bawah 6 bulan yang memperoleh asi eksklusif. Angka tersebut membuat Tiongkok berada 40% di bawah rata-rata.

Demi menaikkan tingkat pemberian asi eksklusif hingga 50% pada 2020, pemerintah setempat, berdasarkan laporan CCTV News, berupaya lewat 'kursi menyusui'. Meski demikian, belum ada survei lanjutan soal peningkatan pemberian asi eksklusif di Tiongkok hingga kini.

'Kursi menyusui' di bus. (CCTV News/Facebook)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading