Sukses

Lifestyle

Sungguh Sangat Disayangkan, 10 Hewan Ini Dianggap Telah Punah

Fimela.com, Jakarta Berbagai upaya telah dilakukan untuk menyelamatkan spesies langka dari kepunahan dengan berbagai terobosan. Namun, kepunahan berbagai jenis hewan, tampaknya tak bisa dihindarkan. Entahlah, apakah itu kehendak Tuhan atau akibat perburuan dari manusia atau habitat aslinya yang hilang.

Berkaca pada kejadian ini, diharap pembaca tergugah untuk menjaga dan melestarikan berbagai jenis hewan. Berikut hewan yang dinyatakan punah pada dekade ini seperti dikutip mnn.com;

1. Katak Emas. Adalah spesies yang hidup hanya di Kosta Rika. Spesies ini dinyatakan punah pada Agustus 2007

Sungguh Sangat Disayangkan, 10 Hewan Ini Dianggap Telah Punah. (Foto: 3.bp.blogspot.com)

2. Lumba Lumba Baiji. Adalah lumba lumba air tawar yang hanya ditemukan di sungai Yantze, Tiongkok. Lumba lumba ini disebut juga sebagai Dewi Sungai. Pada tahun 2006 telah dinyatakan punah. Lumba Lumba ini menjadi perburuan karena kulitnya sangat berharga untuk sarung tangan dan tas.

Sungguh Sangat Disayangkan, 10 Hewan Ini Dianggap Telah Punah. (Foto: blogspot.com)

3. Gagak Hawaii. Adalah gagak asli Hawai dan dinyatakan punah di alam liar pada tahun 2002. Penyakit menjadi spekulasi kepunahan hewan ini.

Sungguh Sangat Disayangkan, 10 Hewan Ini Dianggap Telah Punah. (Foto: upload.wikimedia.org)

4. Pyrenean Ibex. Adalah sejenis kambing hutan yang hidup di Spanyol. Kawanan terakhir dari hewan ini ditemukan tewas di utara Spanyol pada 6 Januari 2010. Pada 2009 ilmuwan mencoba menghidupkan kembali hewan ini dengan teknologi cloning dengan mengambil sel kulit dari spesies terakhir. Upaya cloning itu berhasil. Namun, 7 menit kemudian hewan itu mati karena cacat paru-paru.

Sungguh Sangat Disayangkan, 10 Hewan Ini Dianggap Telah Punah. (Foto: thehigherlearning.com)

5. Badak Hitam Afrika Barat. Badak hitam ini dinyatakan benar-benar punah pada 2008 ketika para peneliti sudah tak bisa lagi menemukan badak yang tersisa di Kamerun.

Sungguh Sangat Disayangkan, 10 Hewan Ini Dianggap Telah Punah. (Foto: mongabay.co.id)

6. Burung Merpati Liverpool. Hewan ini dinyatakan punah pada 2008. Namun alas an untuk kepunahan tidak diketahui

Sungguh Sangat Disayangkan, 10 Hewan Ini Dianggap Telah Punah. (Foto: eritadaerah.co.id)

7. Spix Macaw. Burung kecil dengan bulu biru ini masih ada di penangkaran. Namun pada tahun 2000 burung ini sudah dinyatakan punah dari alam liar. Penururnan Spix Macaw diduga karena perburuan dan rusaknya habitat asli mereka.

Sungguh Sangat Disayangkan, 10 Hewan Ini Dianggap Telah Punah. (Foto: s-media-cache-ak0.pinimg.com)

8. Black-faced honeycreeper. Burung yang habitat aslinya di Hawai ini DINYATAKAN PPUNAH SEJAK 2004. Kehancuran habitat dan penyakit diduga yang menyebabkan kepunahan

Sungguh Sangat Disayangkan, 10 Hewan Ini Dianggap Telah Punah. (Foto: nejohnston.org)

9. Kodok Holdridge. Spesies endemic Costa Rica ini dinyatakan punah tahun 2012. Penyebab kepunahan diduga karena penyakit.

Sungguh Sangat Disayangkan, 10 Hewan Ini Dianggap Telah Punah. (Foto: 2.bp.blogspot.com)

10. Alaotra Grebe. Unggas yang tinggal di danau Alaotra, daerah terpencil di Madagaskar ini dinyatakan punah pada tahun 2010. Populasi hewan ini dinyatakan menurun sejak 1989.

Sungguh Sangat Disayangkan, 10 Hewan Ini Dianggap Telah Punah. (Foto: audubon.org)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading