Sukses

Lifestyle

Selain Mendukung LGBT, Ini 5 Fakta Mencengangkan Sadiq Khan

Fimela.com, Jakarta Nama Sadiq Khan mendadak menjadi bahan perbincangan beberapa hari terakhir ini. Tapi, tidaklah heran kenapa masyarakat seluruh dunia kini menyoroti pria berusia 45 tahun yang terpilih menjadi Wali Kota muslim pertama di London, Inggris tersebut. Menurut The Guardian, Sadiq Khan dipastikan terpilih menjadi wali kota pada Jumat (6/5/2016) waktu setempat, setelah berhasil memenangi perolehan 44 persen suara.

Rival Sadiq Khan yang berasal dari kubu Konservatif, Zac Goldsmith (41) hanya mendapatkan 35 persen suara. Kememanangan Khan ini tentunya menjadi sebuah pembuktian bahwa masyarakat London tidak melihat latar belakang khan sebagai sebuah permasalahan. Selama ini Khan memang dikenal sebagai pemimpin yang berbeda, Khan pernah memberikan persetujuan terhadap Undang-undang pernikahan sesama jenis pada tahun 2013. Selain itu, inilah beberapa fakta tentang Sadiq Khan yang harus kamu tahu.

Walikota London terpilih Sadiq Khan (kedua kanan) saat diberikan selamat atas kemenangan dirinya di Balai Kota London, Inggris, (7/5). Pria berusia 45 tahun ini merupakan Wali Kota Muslim Pertama di London dan kedua di Eropa. (Leon Neal/AFP)

1. Berbeda dengan lawannya, yakni Zac Goldsmith yang merupakan anak dari taipan keuangan James Goldsmith. Khan hanya berasal dari keluarga sederhana. Khan adalah anak dari seorang sopir bus asal Pakistan yang menjadi imigran di London.

2. Sebagai seorang anak imigran, Khan kecil juga sering menjadi korban bullying. Meskipun begitu Khan tetap berterima kasih kepada warga London yang telah memberikan kesempatan kepada keluarganya hingga bisa melanjutkan hidupnya lagi. “Saya ingin setiap warga London mendapatkan kesempatan, seperti yang telah diberikan oleh kota ini kepada saya dan keluarga saya, kesempatan yang bukan sekadar untuk bertahan hidup, melainkan juga tumbuh dan berkembang,” terang Khan seperti dikutip dari AFP.

Sadiq Khan ternyata delapan bersaudara yang terlahir dari keluarga imigran Pakistan.

3. Setelah terpilih Khan berjanji akan menepati semua janji-janjinya pada saat kampanye, yakni memberikan penyediaan perumahan serta transportasi yang terjangkau bagi warga London, mengurangi polusi, dan mendorong adanya ketersediaan lapangan pekerjaan yang lebih baik.

4. Sadiq Khan menjadi muslim kedua yang menjadi seorang pemimpin, setelah sebelumnya ada Ahmed Aboutaleb yang menjadi Wali Kota Rooterdam, Belanda yang juga beragama Islam.

5. Khan yang lahir di London pada tahun 1970 dibesarkan di rumah susun dengan enam kakak dan adik perempuannya di Tooting, daerah di London selatan dengan etnis beragam. "Cerita saya adalah cerita tentang London. Ayah saya adalah seorang sopir bus dan ibu saya penjahit. London memberikan saya kesempatan untuk berkembang, dari rumah susun dan menjalankan usaha yang berhasil dan menjabat di kabinet,” ujar Khan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading