Sukses

Lifestyle

Habiskan Banyak Uang Saat Lebaran, Ini 5 Langkah Berinvestasi

Fimela.com, Jakarta Usai Lebaran, kamu mungkin telah menghabiskan sejumlah uang yang sudah kamu kumpulkan. Memang hampir semua orang memiliki banyak keperluan saat Hari Raya ini. Mulai dari belanja pakaian baru, hingga belanja makanan untuk menu Lebaran. Belum lagi angpau dan ongkos pulang kampung. 

Uang yang kini kamu miliki mungkin sudah menipis. Namun, tak menutup kemungkinan untuk memulai kembali berinvestasi. Kebanyakan orang menunda untuk memulai kembali lantaran uangnya sudah menipis. Padahal, kalau kelima cara di bawah ini dilakukan, kamu mungkin saja bisa ikut investasi kembali. 

1. Langkah pertama, kamu harus menentukan tujuan. Ya, apa yang akan kamu lakukan dengan uang yang sudah kamu investasikan nanti? Perencanaan ini juga harus rinci. Mulai dari tujuan, jangka waktu, dan jumlah uang yang ingin kamu miliki dalam jangka waktu tersebut.

 

A photo posted by AFA Group (@afagroup) on

2. Tujuan dan perencanaan harus rasional. Kamu tidak bisa berharap uang yang kamu 'tanam' akan bertambah berkali-kali lipat dalam jangka waktu hanya 1 tahun. Mungkin kamu pernah mendengar investasi seperti ini. Biaya murah. Penanaman uang terjangkau dan uangmu akan kembali berkali-kali lipat dalam jangka waktu yang pendek. Hati-hati, mungkin saja ini investasi bodong. 

 

A photo posted by Bailey Terrell (@baileyterrell) on

3. Melakukan invetasi memang lebih cepat lebih baik. Tapi, kamu juga harus melakukan pemeriksaan terhadap keuanganmu sendiri. Jangan bohongi dirimu, karena ketika keuanganmu tidak sehat, investasi hanya akan membuat kesehatan keuanganmu memburuk. 

 

A photo posted by Southeast (@southeastleather) on

4. Jangan hanya mengandalkan kemampuan, pengetahuan, dan nalarmu. Tanyakan kepada seorang ahli keuangan. Memang memiliki mentor keuangan akan membuatmu harusmengeluarkan kocek lebih untuk biaya konsultasi. Tapi, ini lebih baik dari pada kamu tersesat di jalan. 

 

A photo posted by B R E N T ™ (@brentchakis) on

5. Pastikan, semua kredit dan utang yang kamu ambil saat Lebaran sudah lunas. Jangan sampai, kamu melakukan investasi saat kamu masih memiliki utang. 

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
BTS Masuk Aset Crypto, Tertarik untuk Investasi?
Artikel Selanjutnya
Emas Jadi Pilihan Pintar Investasi yang Minim Risiko untuk Kaum Milenial