Sukses

Lifestyle

420 Ribu Warga Asing Jadi Incaran BPJS Ketenagakerjaan

Fimela.com, Jakarta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menargetkan peningkatan sebanyak 20 persen jumlah peserta dari kategori Warga Negara Asing (WNA) yang bekerja di Indonesia. Sebagaimana dimuat Liputan6.com, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto mengungkapkan, jumlah WNA yang bekerja di Indonesia mencapai 660 ribu orang.

“Kita berharap WNA yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan bertambah 20 persen dari yang ada saat itu,” tutur Agus di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (16/6) kepada Liputan6.com. Jika dikalkulasikan, perusahaan memasang target peningkatan WNA peserta BPJS Ketenagakerjaan sebanyak 70 ribu orang, sehingga diharapkan basis peserta dari warga asing mencapai 420 ribu orang.

Petugas melayani warga pengguna BPJS di di Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Salemba, Jakarta, Rabu (04/5). BPJS mencatat ada 19 juta tenaga kerja yang telah terdaftar dalam empat program di BPJS Ketenagakerjaan.(Liputan6.com/Fery Pradolo)

Agus menjelaskan, perusahaan telah melakukan sosialisasi di seluruh kantor Duta Besar Negara Sahabat di Indonesia. “Dubes supaya mengimbau pekerja asing yang bekerja lebih dari 6 bulan di Indonesia wajib mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan. Kita permudah aksesnya dengan sistem elektronik dan pelayanan di kantor cabang. Dipastikan tidak ada perbedaan tarif, karena UU ini berlaku umum,” jelas Agus, seperti dimuat Liputan6.com.

Selain menambah peserta WNA, BPJS Ketenagakerjaan juga terus berupaya meningkatkan jumlah peserta dari golongan pekerja non formal. Salah satu caranya dengan meluncurkan program Bukan Penerima Upah (BPU).

Sasaran pekerja sektor informal yang dimaksud pihak BPJS Ketenagakerjaan antara lain Petani, Nelayan, Tukang Ojek, hingga atlet dan artis. Program BPU memberikan perlindungan serupa dengan pekerja sektor formal dengan besaran iuran yang tak jauh berbeda.

Warga pengguna BPJS menunggu antrian di Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Salemba, Jakarta, Rabu (04/5). BPJS menargetkan 22 juta tenaga kerja dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.(Liputan6.com/Fery Pradolo)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Badan Penyelenggara Jaminan Sosial adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial.

    BPJS

  • BPJS Ketenagakerjaan merupakan badan hukum publik yang bertugas melindungi seluruh pekerja melalui program jaminan sosial ketenagakerjaan.

    BPJS Ketenagakerjaan

  • Tren

What's On Fimela
Loading