Sukses

Lifestyle

Masih Bingung Mukidi Siapa?

Fimela.com, Jakarta Beberapa hari lalu, sosok Mukidi menjadi viral lantaran kisahnya yang kocak itu tersebar ke mana-mana melalui media sosial dan aplikasi chat. Tak lama, sosok Mukidi disebut-sebut sebagai penjual kopi di Jawa Tengah. Sebagian orang hingga kini masih bingung, Mukidi itu siapa. 

Ternyata, ada dua sosok Mukidi yang selama ini jadi bahan perbincangan. Pertama, karakter Mukidi pada kisah lucu yang ditulis Soetantyo Moechlas, warga Banyumas, Jawa Tengah. Soetantyo bercerita kepada salah satu media nasional, kalau karakter Mukidi yang ada di cerita-cerita yang dia tulis hanyalah tokoh fiktif. 

Sementara, nama Mukidi juga muncul dan dikait-kaitkan dengan kopi. Seorang pria yang tinggal di Dusun Jambon, Temanggung, Jawa Tengah memang bernama asli Mukidi. Ini hanya kebetulan saja. Mukidi ini merupakan seorang pejuang lingkungan yang tergerak untuk menghijaukan kembali lahan gersang di daerah tempat tinggalnya, Wonotirto, Bulu, Temanggung. 

Penjual kopi bernama mukidi

Dia menanam lahan gersang dengan sistem tumpang sari dengan tanaman cabai, tembakau, kopi dan durian. Setelah 4 tahun, Mukidi mendapatkan hasilnya dan memutuskan untuk menjual kopi buatannya. Nah, nama kopi ini "Kopi Mukidi." Nama yang sama inilah yang menjadikan Mukidi si petani dengan kopinya menjadi ikut terkenal. Jadi, kamu sudah paham, kan, siapa itu Mukidi?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading