Sukses

Lifestyle

Bunda Teresa Dinobatkan Sebagai Orang Suci oleh Paus Fransiskus

Fimela.com, Jakarta Bunda Teresa resmi menerima gelar Santa dari Paus Fransiskus di Vatikan pada Minggu pagi waktu setempat. Ratusan ribu jemaat memadati lapangan Santo Petrus untuk mengikuti upacara pengukuhan.

Kata Paus dalam bahasa Latin, dalam nama Trinitas Suci, kami menetapkan Teresa dari Kalkuta yang diberkati menjadi seorang santa dan memasukkannya ke dalam jajaran para orang suci dan harus dimuliakan oleh gereja.

Lalu Paus menambahkan, meski Teresa sudah dinobatkan sebagai seorang santa, tetapi perempuan kelahiran Albania itu tetap menjadi sosok seorang ibu dalam keluarga Katolik.

Dalam hal penobatan ini, Paus juga menyebut pekerjaan Bunda Teresa di antara orang miskin di Kalkuta merupakan sebuah bukti kedekatan Tuhan dengan orang-orang yang dianggap paling miskin.

"Bunda Teresa pernah mengatakan, 'saya mungkin tak memahami bahasa mereka, tetapi saya bisa tersenyum'," kata Paus disambut tepuk tangan meriah umat yang memadati Lapangan Santo Petrus.

Paus Fransiskus menyapa jemaah seusai Kanonisasi Bunda Teresa di St. Peter, Vatikan, Minggu (4/9). Paus Fransiskus, secara resmi menobatkan Bunda Teresa sebagai santa atau orang suci terkait kerja kemanusiaannya di Kalkuta, India. (Andreas Solaro/AFP)

"Mari kita bawa senyum Teresa di dalam hati dan memberikan senyum itu kepada siapa saya yang kita temui dalam perjalanan hidup, terutama mereka yang menderita," tambah Paus.

Paus juga memanfaatkan kesempatan itu untuk mengenang keteguhan Teresa menentang aborsi yang dia sebut sebagai "pembunuhan oleh para ibu" dalam sebuah pidato kontroversial saat dia memenangkan Piala Nobel 1979.

Upacara penobatan atau kanonisasi ini digelar sehari sebelum peringatan 19 tahun kematian Bunda Teresa di Kalkuta, India tempat dia menghabiskan hampir empat dekade hidupnya untuk bekerja dengan orang-orang miskin.

Biarawati dari Ordo Misionaris Cinta Kasih, yang oleh didirikan Bunda Teresa, tiba di alun-alun St. Peter, Vatikan, Minggu (4/9). Bunda Teresa dari Kolkata, India, dinobatkan sebagai orang suci atau santa oleh Paus Fransiskus. (Vincenzo Pinto/AFP)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading