Sukses

Lifestyle

Langkah Besar Jack Ma Selain Boyong Hollywood ke Tiongkok

Fimela.com, Jakarta Keputusan miliarder Jack Ma bekerja sama dengan Steven Spielberg membuat rumah bagi industri film terbesar kedua di dunia tengah jadi perbincangan. Namun demikian, 'ketuk palu' itu tak jadi satu-satunya langkah besar yang dibuat orang terkaya di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Berdasarkan laporan Bangkok Post, sang pemilik Alibaba Group itu tengah mengincar bisnis e-commerce dan e-payment Thailand dan menawarkan bantuan screening turis Tiongkok, Wakil Pertama Menteri Somkid Jatusripitak memaparkan, Selasa (11/10).

Jack Ma. (emaze.com)

Ma mengatakan minatnya tersebut langsung pada Somkid di sebuah pertemuan di Gedung Pemerintahan. Dalam kesempatan tersebut, Ma mengatakan ingin mengambil bagian untuk membangun bisnis digital di Thailand lewat pemerintahan seperti yang telah ia lakukan di Tiongkok dan beberapa negara lain.

Dalam kasus ini, sebagaimana diwartakan Bangkok Post, Ma menyoroti bisnis menengah dan kecil untuk membantu mereka merencanakan persiapan kemungkinan ekspor produk. Niat Ma tersebut akan didukung dengan pemberian pengenalan kursus e-commerce bersama dengan pemerintah Thailand dan lembaga pendidikan lokal.

Jack Ma pernah menjadi seorang guru Bahasa Inggris dengan bayaran hanya sekitar US$ 12 - US$ 15 per bulan.

Menurut keterangan Somkid, pemerintah Thailand telah memutuskan akan bekerja sama dengan Ma dalam mengolah formula pembangunan sistem e-commerce. Di samping itu, Jack Ma juga mengatakan akan membantu penyaringan turis Tiongkok yang datang ke Thailand, di mana sebagian besar telah menggunakan sistem pembayaran online Alibaba's Alipay.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading