Sukses

Lifestyle

Di Indonesia Ternyata Ada Kampung Korea

Fimela.com, Jakarta Demam budaya Korea di Indonesia terutama di bidang musik yang kita kenal dengan K-Pop mencapai puncaknya di tahun 2011. Selain musik, film dengan genre drama atau disebut K-Drama, fashion, sampai budayanya banyak disukai oleh masyarakat Indonesia kala itu.

Yang menarik, ternyata ada kampung Korea di Indonesia. Sebelumnya kita pernah mendengar ada Kampung Inggris di Kediri dengan masyarakatnya yang fasih dalam berbahasa Inggris. Nah, kalau Kampung Korea ternyata ada di sudut kecil di tenggara Pulau Sulawesi tepatnya di Kota Bau-Bau. Kampung Korea ini dihuni oleh etnis bernama Suku Cia-Cia.

Kampung Korea di Indonesia. foto: tiwiw.com

Seperti dilansir dari Good News From Indonesia, di kampung ini kita akan dikejutkan dengan plang-plang yang ditulis dalam huruf Hangeul atau aksara Korea. Tulisan Hangeul Korea sendiri sudah diputuskan untuk dijadikan sistem tulisan bahasa Cia-cia pada 2009 lalu.

Masyarakat dari suku Cia-Cia sendiri hanya menggunakan alfabet Korea, sedangkan untuk bahasa lisan sehari-sehari mereka tetap menggunakan bahasa Indonesia. Profesor dari Korea pun tertarik kepada Kota Bau-bau, karena kekayaan bahasa yang dipunya oleh penduduk dari etnis Cia-cia. Ketertarikan ini kemudian membawa pada keputusan kerjasama antara Cia-cia dan Korea.

Di Kampung Korea di Indonesia ada guru dari Korea. foto: titiw.com

Beberapa program pun dibuat seperti pertukaran pelajar, guru, dan kebudayaan. Tujuannya untuk memperkenalkan sejak dini bahasa daerah kepada anak-anak Sekolah Dasar agar tidak hilang. Sampai saat ini belum ada kesimpulan resmi mengapa ada kesamaan bahasa dan kebudayaan di antara etis Cia-cia dengan Korea. Tapi yang menjadi nilai positif adalah keberagaman di Indonesia.

Keberagaman ini membuat Indonesia dianggap sebagai negara unik, terutama dalam hal bahasa. Indonesia jadi negara dengan bahasa daerah yang terbanyak, yaitu, 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk di negeri ini. Nah, para penyuka K-Pop dan K-Drama ada yang tertarik berkunjung ke Kampung Korea?

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading