Sukses

Lifestyle

Hubungan Rusak karena Debat? Salah, Debat Justru Bikin Sehat!

Fimela.com, Jakarta Selama ini kamu berpikir bahwa perdebatan adalah pertanda bahwa hubunganmu gagal? Kamu salah besar.

Sebuah survei telah dilakukan di India untuk mencari tahu seberapa besar perdebatan itu berpengaruh terhadap hubungan, dan hasilnya menunjukkan bahwa berdebat lebih dari sekali dalam seminggu membantu menjaga komunikasimu tetap terjalin.

Penelitian lain yang dilakukan selama 14 tahun oleh John Mordechai Gottman dari University of Washington dan Robert Wayne Levenson dari University of California menemukan bahwa pasangan yang sering berdebat namun tetap dengan sikap yang saling menghargai, takkan terpisahkan. Situs Lifehack.org menjelaskan, hal yang memperkuat hubungan di antara pasangan itu adalah perdebatan mereka, yang kemudian dibicarakan secara terbuka dan jujur terhadap satu sama lain.

Debat memicu komunikasi antara pasangan tetap terjalin. (Foto: nymagz.com)

Perlu diingat, perdebatan bukanlah pertengkaran. Perdebatan adalah cara yang sehat untuk mengutarakan perasaanmu. Kenapa perdebatan di antara pasangan dibilang cara yang sehat? Karena kalau kamu dan pasanganmu memendam perasaan-perasaan semacam kemarahan yang mengganggu, maka kalian adalah bom waktu yang menunggu waktu untuk meledak. Dan kemarahan yang disimpan hanya akan menimbulkan kebencian.

Jadi, paham kan sekarang mengapa perdebatan di antara pasangan itu membuat hubungan lebih sehat?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading