Sukses

Lifestyle

Berita Hari Ini: Instagram, Pintu Otomatis, Menanam Pohon

Fimela.com, Jakarta Instagram akan menambahkan fitur video live di Stories dan Explore dalam beberapa minggu ke depan menurut siaran laman informasi teknologi perangkat telepon PhoneArena.

Untuk tampil live di Instagram, pengguna hanya perlu menggeser tampilan ke kanan untuk membuka kamera, dan mengklik "Start Live Video" dan mulai berbagi. Namun Instagram membatasi fitur video live hanya sampai satu jam.

Saat orang yang diikuti mulai cerita live, pengguna akan melihat tanda "Live" di bagian bawah foto profil di bar Stories. Pengguna lainnya juga dapat menyukai dan meninggalkan komentar di siaran tersebut.

Video live bukan satu-satunya fitur baru yang diumumkan. Dalam perbaruan terkini, Instagram akan menghilangkan foto dan video di pesan langsung (Direct Messages/DM). Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

Setelah sebelumnya Boomerang, kali ini giliran fitur Live hadir di Instagram Stories (Foto: Ist)

Mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya Lampung M. Novan Yudha Sastria berinisiatif merancang prototipe pintu otomatis perangkap maling yang mencoba masuk ke rumah.

Menurut Novan di Bandarlampung, Selasa, dalam merancang alat tersebut menggunakan sensor gerak jenis passive infrared (PIR) tipe KC7783R untuk mendeteksi adanya maling dengan jarak 2 sampai 5 meter.

Ia juga menggunakan pintu tambahan yang bekerja menggunakan perangkat microcontroller Atmega8 untuk menutupnya secara otomatis, serta perangkat SIM900 Modul GSM untuk mengirimkan pesan singkat pemberitahuan adanya maling.

Cara kerja alat tersebut, lanjut dia, sensor akan bekerja dengan mengirimkan sinyal ketika ada yang melewati dan pintu geser akan tertutup secara otomatis sehingga maling tidak bisa keluar dan sistem akan mengirimkan pesan singkat (SMS) kepada pemilik rumah tentang ada maling, dan pintu secara otomatis telah tertutup. Artikel selengkapnya.

Ilustrasi pintu depan rumah. (istimewa)

Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis mengimbau kepada semua masyarakat Kalbar untuk dapat melestarikan dan menanam pohon di sekitar rumah, guna mencegah naiknya panas bumi yang diprediksi mencapai 2 derajat Celcius pada 2050.

"Diprediksikan, pada tahun 2050 panas bumi bisa naik mencapai 2 derajat Celcius. Untuk itu saya mengajak seluruh masyarakat Kalbar agar bisa menanam pohon di rumahnya, untuk mencegah hal itu terjadi," kata Cornelis, dalam kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia, di Kecamatan Mandor, Senin.

Menurut dia, tidak ada cara lain untuk mengantisipasi naiknya panas bumi selain menanam pohon yang merupakan upaya menyelamatkan bumi, menjaga keanekaragaman hayati, menghemat dan menumbuhkan mata air yang baru yang memberikan oksigen bagi kehidupan. 

Cornelis ialah seorang Gubernur Kalimantan Barat yang menjabat sejak tahun 2008.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading