Sukses

Lifestyle

Belajar dari Oon Project Pop, Begini Cara Akurat Deteksi Diabetes

Fimela.com, Jakarta Sempat terbaring lemah di RS Boromeus, Bandung, Jawa Barat, Oon Project Pop yang dulu ceria kini terserang diabetes. Oon bahkan sempat menaglami kritis dan koma di rumah sakit tersebut. Manajer Project Pop, Japra Hutagalung pun mengiyakan kabar sakitnya Oon. 

Banyak yang bertanya, usia Oon yang masih 44 tahun, terbilang cukup muda untuk mengidap penyakit ini. Tapi girls, jangan salah. Karena diabetes ternyata tak memilih usia. Sebenarnya, banyak orang yang bisa survive dari diabetes, dengan menjaga pola hidup yang sehat. Tapi, seperti penyakit-penyakit berat lainnya, diabetes akan mudah ditanggulangi jika terdeteksi sejak dini dan ditangani dengan baik. Biar kamu tak terlambat, simak beberapa cara akurat untuk mendeteksi diabetes berikut ini. 

1. Bukan hanya pankreas, hampir setiap bagian organ tubuh ternyata menunjukkan berbagai perubahan dan tanda. Seperti otak yang tak mendapatkan oksigen yang cukup lantaran adanya tumpukan zat gula pada darah. Hal ini menyebabkan timbul gejala lemas, pusing, dan cepat emosi. 

6 Tips Berpuasa Diabetes

Sementara itu, luka pada kulit juga cepat menyebar. Pada beberapa kasus, kulit juga akan menjadi sangat kering. Sedangkan mata menjadi buram lantaran aliran darah yang kurang ke daerah mata. Pokoknya, hampir semua organ tubuh akan berubah dan menunjukkan tanda. 

2. Lakukan pemeriksaan medis, mulai dari cek darah. Ada berbagai tata cara sebelum kamu melakukan cek darah, seperti puasa gula. Doktermu pasti akan memberi tahu. Kemudian, juga ada tes A1C yang dilakukan setiap 3 bulan sekali. Selain cek darah juga ada cek urin untuk mengetahui kadar gula dalam aliran darah yang ikut terbuang dalam urin setelah terjadi penyaringan darah. 

Kencing Dikerubuti Semut = Diabetes?

3. Usai melakukan berbagai tes, kamu harus melakukan diet. Diet diabetes ini akan disampaikan juga oleh doktermu. Tapi secara garis besar, kamu akan melakukan diet makanan; jangan konsumsi makanan dan minuman berkarbohidrat tinggi dan mengandung gula. Juga lakukan olahraga ringat secara rutin. Dan, jangan lupa untuk selalu meminum obat yang diberikan dan dianjurkan dokter. Karena, belajar dari pengalaman Oon Project Pop, akan lebih baik kamu mengetahui kondisi tubuhmu sedini mungkin, sebelum terlambar dan parah.

Diet Sehat Bagi Penyandang Diabetes

 

What's On Fimela
Loading