Sukses

Lifestyle

Sederet Tips Mengurangi Kemungkinan Pakai BPJS Ketenagakerjaan

Fimela.com, Jakarta Tak ingin sampai menggunakan BPJS Ketenagakerjaan? Mengurangi kemungkinan kecelakaan kerja bisa jadi satu cara efektif. Menurut intelligenthq.com, berikut cara-cara sederhana, namun efektif untuk menghindari kecelakaan kerja.

Jangan tergoda jalan pintas. Dengan banyaknya pekerjaan, jalan pintas memang terdengar sangat menggoda. Namun jika terlalu berisiko, lebih baik tetap ikuti prosedur yang telah ada dan menyelesaikan pekerjaan dengan semestinya. Bukan mempersingkat waktu untuk menikmati akhir pekan yang lengang, bisa-bisa kamu malah 'mengunjungi' rumah sakit.

Ilustrasi BPJS Ketenagakerjaan

Pastikan tahu prosedur evakuasi. Mungkin akan sedkit repot karena kamu harus membaca apa-apa saja yang dibutuhkan, namun pengetahuan tersebut penting ketika kejadian genting datang tanpa permisi, kebakaran misalnya. Kamu harus tahu jalur evakuasi dan titik berkumpul di mana agar terhindar dari musibah.

Sadar akan risiko pekerjaan. Ini merupakan poin penting agar kamu bisa melakukan berbagai pencegahan. Lantaran bagaimana bisa jauh lebih berhati-hati jika tak tahu risiko pasti dari apa yang dilakukan. Dengan begini, kamu bisa melakukan sejumlah hal preventif.

Petugas melayani warga pengguna BPJS di di Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Salemba, Jakarta, Rabu (04/5). BPJS mencatat ada 19 juta tenaga kerja yang telah terdaftar dalam empat program di BPJS Ketenagakerjaan.(Liputan6.com/Fery Pradolo)

Memerhatikan apa-apa saja yang berpotensi jadi penyebab kecelakaan. Masih lekat dengan poin ketiga, namun yang ini lebih spesifik. Bisa dengan memperbaiki pelbagai hal yang kamu lihat sebagai penyebab kecelakaan kerja ketimbang duduk dan menunggu kecelakaan terjadi. Sehingga, kamu bisa mengurangi kemungkinan pemakaian BPJS Ketenagakerjaan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading