Sukses

Lifestyle

Resep Kue Lemper Ayam, Camilan Favorit 90-an

Fimela.com, Jakarta Kue lemper termasuk hidangan atau jajanan pasar yang banyak digemari sejak dulu ternasuk di era 90-an. Kue tradisional ini memang jadi favorit banyak orang karena rasanya enak, mengenyangkan dan harganya cukup terjangkau.

Kue ini dibuat dari nasi ketan yang biasanya diberikan bagian isian daging ayam atau sapi dan dibungkus daun pisang. Makanan rakyat ini bisa dijadikan pengganjal perut sebelum kita makan, baik di pagi sampai malam hari. Lemper juga kerap disajikan di berbagai acara.

Biasanya kita menjumpai kue lemper di pedagang-pedagang kue keliling maupun di pinggir jalan. Ada juga toko kue modern dan berkelas yang menyajika kue lemper.  Selain dinikmati sendiri, kue lemper juga cocok dihidangkan sebagai makanan kecil untuk menjamu tamu atau di acara ibu-ibu arisan. Kue lemper memang masih banyak dijual dipasaran dengan harga yang terjangkau.

Meski begitu kita juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Resep membuat kue lemper termasuk praktis dan bahan-bahan yang diperlukan juga mudah dijumpai. Seperti dilansir dari bisikan.com, berikut ini resep membuat kue lemper isi daging ayam yang bisa kamu praktekkan sendiri.

Bahan yang disiapkan:

Kue Lemper. foto: cookpad

250 gram ketan
250 ml santan kental dari 1 butir kelapa
1/2 sendok teh garam
1 batang serai (dimemarkan)
2 lembar daun salam
Daun pisang secukupnya (untuk membungkus)
Bahan Isian Lemper Ayam
1 dada ayam rebus matang suwir-suwir
200 ml santan
1 sendok makan air asam jawa
1 lembar daun salam
2 sendok makan minyak goreng
4 lembar daun jeruk

Bumbu Yang Dihaluskan

Kue Lemper. foto: cookpad

3 butir kemiri, sangrai
3 siung bawang putih
5 butir bawang merah
1 sendok teh jintan sangrai
1 sendok makan ketumbar, sangrai
1 sendok makan gula pasir

Cara pembuatannya:

Buat terlebih dahulu bahan isiannya dengan cara tumis semua bumbu yang dihaluskan hingga menjadi harum. Lalu masukkan santan ayam, salam serta daun jeruk sampai matang dan santan habis kemudian angkat.

Buat nasi ketannya, caranya rendam ketan selama 2 jam, lalu cuci hingga bersih. Tiriskan dan kukus selama kurang lebih 15 menit, angkat kemudian sisihkan.

Rebus santan bersama dengan daun salam, serai dan garam, masukkan ketan yang sudah dikukus kemudian aroni sampai seluruh santan dihisap oleh ketan, angkat kemudian kukus ketan hingga matang.

Kue Lemper. foto: cookpad

Siapkan cetakan lemper yang sebelumnya sudah diolesi minyak goreng dan dilapisi selembar plastik, kemudian masukan nasi ketan secukupnya. Pipihkan dan masukkan isian kemudian tutup kembali sampai berbentuk lonjong dan padatkan. Setelah itu bungkus dengan daun pisang dan kue lemper siap disajikan.

 

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Alasan DKI Jakarta menutup 7 sekolah PTM 100 Persen
Artikel Selanjutnya
Tata Cara Menggunakan Vibrator yang Benar