Sukses

Lifestyle

Cara Diet Saat Hamil

Fimela.com, Jakarta Ketika hamil, sebagian ibu hamil tidak terlalu memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuhnya dan berpikir yang penting kenyang. Mereka tidak mengetahui efek yang akan berujung pada kenaikan berat badan dari angka berat badan normal.

ilustrasi ibu hamil (Foto: huffingtonpost.com)

Perlu diperhatikan ibu hamil yang tidak memiliki kontrol yang bagus terhadap berat badannya selama kehamilan rentan untuk mengalami komplikasi kehamilan.berakibat buruk ketika melahirkan.

Ibu dengan berat badan berlebih saat hamil berisiko terserang hipertensi dan diabetes. Sementara risiko pada bayi, terjadi pada plasenta yang tidak bisa optimal menyalurkan oksigen karena terhambat oleh lemak yang menumpuk di tubuh ibu. Akhirnya, si kecil tidak bisa tumbuh dan berkembang dengan maksimal karena asupan oksigennya kurang.

Berikut beberapa tips aman untuk melakukan diet saat hamil seperti dilansir dari laman ibudanmama.

Jangan Lupa Sarapan

Saat tengah diet ibu hamil, ibu hamil wajib sarapan. Pilih menu makanan kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kehamilan dan juga kesehatan Anda. Jangan sampai anda melewatkan sarapan karena justru itu akan membuat nafsu ngemil Anda selalu muncul.

Tanpa adanya sarapan, saat makan siang biasa jadi Anda juga akan menyantap makanan dengan jumlah lebih banyak. Hal tersebut justru merusak diet yang sedang dilakukan. Dengan melakukan sarapan, ibu hamil juga akan terhindar dari mual-mual, kepala pening, dan lemas.

Buah dan Sayur baik untuk diet ibu hamil

Pilih Makanan Berserat dan Hindari Makanan Berlemak dan Manis

Makanan berserat bisa saja ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran. Serat dapat membantu dalam proses melancarkan pencernaan. Sajikan buah-buahan dan juga sayuran di dalam menu makan Anda. Sementara itu, makanan manis cenderung dapat membuat tubuh Anda sering merasa lapar.

Tentunya, jika sering lapar dan makan dengan porsi berlebihan atau sedikit-sedikit ngemil bukannya berat badan turun tapi malah naik drastis. Begitu juga dengan makanan yang berlemak, seperti dalam snack/camilan, gorengan, dan jeroan sebaiknya anda dihindari untuk mensukseskan dalam diet hamil Anda.

Minum Air Putih Minimal 8 Gelas dalam Sehari

Diet ibu hamil bisa dilakukan dengan memperbanyak minum air putih sangat bisa menghindarkan Anda dari rasa lapar. Anda merasa lapar, padahal sudah makan sesuai jumlah/porsinya pada jam makan. Dengan minum air putih yang cukup, maka rasa lapar tersebut bisa teratasi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading