Sukses

Lifestyle

Penemuan Exoplanet, Ini 5 Fakta yang Mesti Kamu Tahu

Fimela.com, Jakarta Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah secara resmi mengumumkan penemuan exoplanet, yakni tata surya baru yang di dalamnya terdapat tujuh planet menyerupai Bumi. Sempat ditayangkan secara live streaming, berikut sederet fakta exoplanet yang mesti kamu tahu menurut independent.co.uk.

Exoplanet, di mana ia sempat jadi Google Doodle, berpotensi menompang kehidupan organik. Tiga dari tujuh planet yang ditemukan dalam orbit teratur memunculkan batuan sebagai alam dan memiliki temperatur yang memungkinkan adanya air, termasuk samudra. Secara jangka panjang, planet-planet mungkin menompang kehidupan, termasuk soal ketersediaan oksigen.

Ilustrasi Penemuan Exoplanet. (gadgets.ndtv.com)

Meski bukti kehidupan tak bisa ditemukan secara instan, namun tetap bisa berkembang selama berabad kemudian. Punya ukuran lebih besar dari Jupiter dan berjarak 39 tahun cahaya, planet temuan NASA ini dikatakan masih muda dan bisa terus mengalami perkembangan. Dikatakan, tata surya ini punya kemungkinan umur 700 kali lebih panjang dari Bimasakti.

Identifikasi planet-planet ini menggunakan transit photometry. Ilmuwan NASA menggunakan Trappist robotic telescope dari Gurun Atacama, Chile untuk menemukan tata surya baru tersebut. Telah melacak setidaknya 34 transit menggunakan teleskop Spitzer, mereka akhirnya berani mengonfirmasi keberadaan tujuh planet di tata surya baru.

Ilustrasi Penemuan Exoplanet. (skyandtelescope.com)

Kondisi di exoplanet mungkin akan lebih gelap dan hangat daripada Bumi. Situasinya dikatakan 200 kali lebih gelap dari Bumi dan akan terdapat perbedaan lama waktu siang - malam. Namuan selebihnya, kemungkinan pola kehidupan dikatakan sama dengan Bumi.

Ini hanya permulaan. Eufornia penemuan exoplanet ini dikatakan hanya permulaan, lantaran masih terdapat 40 miliar bayangan yang belum diidentifikasi di luar Bimasakti. Exoplanet pertama ditemukan pada 1992. Setelah itu terdapat 3.500 dunia baru yang berlokasi di 2.675 sistem bintang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading